SENAM PAGI, AKTIFITAS FISIK WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN UNTUK MENJAGA KEBUGARAN JASMANI

Berita Utama111 Dilihat

PEKANBARU, Metrojurnalis.Com – Olahraga merupakan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Oleh sebab itu warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekanbaru mengikuti kegiatan olah raga senam pada selasa pagi 12/07/2022 yang diadakan di halaman olah raga Lapas mulai pukul 08.15 wib sampai dengan selesai.

Kegiatan ini sempat terhenti beberapa bulan karena pandemi covid 19.Sekarang mulai diaktifkan kembali. Seluruh Warga Binaan yang senam terlihat begitu antusias mengikutinya meskipun kondisi lapangan yang lembab karena hujan semalam tidak mengahalangi mereka untuk berolah raga. dipandu oleh dua orang instruktur senam dan diiringi dengan alunan musik yang gembira turut menambah semangat setiap WBP.

Senam pagi merupakan suatu aktifitas fisik yang perlu diadakan untuk menjaga kebugaran jasmani para warga binaan. Gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga lebih sehat dan segar. Paparan sinar matahari pagi juga bagus bagi tubuh karena kandungan vitamin D alaminya.

Jika tubuh sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi juga akan meningkat dan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Senam juga dapat memperkuat tulang, membantu menormalkan aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku serta meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh. Olahraga ini juga bisa menjaga fungsi otak, mencegah pikun, juga bisa mengurangi stress dan membuat lebih bahagia karena dengan kita melakukan gerakan senam maka tubuh akan melepaskan hormon endorphine.

Seperti kita ketahui bersama pandemi covid 19 sudah berlangsung selama hampir dua tahun dan belum menunjukkan tanda tanda kapan akan berakhir.oleh sebab itu setiap WBP dituntut untuk selalu dalam keadaan sehat dan prima dengan cara berolah raga dan menjalankan pola hidup sehat. Bila setiap WBP rutin mengikuti kegiatan olah raga maka kesehatan akan terjaga dan jauh dari penyakit terutama covid 19 sehingga pembinaan pun dapat berjalan sesuai harapan.

Dalam skala yang lebih luas bila setiap manusia mempunyai kesadaran yang tinggi untuk menjaga kesehatan maka semakin banyak manusia berkualitas yang peduli terhadap kesehatannya sehingga program pemerintah dalam penanggulangan penyebaran covid 19 di indonesia relatif semakin cepat terlaksana. Untuk ke depannya kegiatan olah raga senam bagi WBP di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekanbaru ini akan terus dijadwalkan setiap hari selasa pagi. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti yang di anjurkan oleh pemerintah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *