TIMBA ILMU DAN ISI WAKTU LUANG, WARGA BINAAN LAPAS KELAS II A PEKANBARU LAKUKAN HAL INI

Berita Utama130 Dilihat

PAS|PEKANBARU, Metrojurnalis.Com – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekanbaru terus didorong untuk mengembangkan potensi dan kemampuan diri dengan mengikuti berbagai program pembinaan kemandirian.sehiingga kegiatan ini dapat mengisi waktu mereka selama berada di dalam Lapas.

Hidroponik adalah salah satu program pembinaan kemandirian oleh Seksi Kegiatan Kerja (GIATJA) Lapas Kelas IIA Pekanbaru yang tidak kalah banyak diminati oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Pekanbaru. Hidroponik adalah budidaya tanaman yang modern yang memanfaatkan air dan tidak menggunakan media tanah sama sekali dan membuat air sebagai media tanam atau medium utamanya.

Warga binaan yang dipekerjakan tersebut sebelumnya telah mengikuti pelatihan di bidang pertanian dan peternakan. kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan tersebut. Untuk sayuran hidroponik pemasarannya ditujukan pihak ke 3 yang bekerja sama dengan Lapas Pekanbaru yakni ke PT Green Farm dan selanjutnya oleh PT tersebut dipasarkan kembali ke supermarket di kota pekanbaru.

Kepala Seksi Kegiatan Kerja, Jefriandy Gultom dalam keterangannya mengungkapkan, “program pembinaan kemandirian hidroponik ini diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia khususnya Warga Binaan Pemasyarakatan yang bermanfaat, berilmu, berakhlak dan berguna untuk diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara, serta berharap semoga kelak mereka setelah bebas mampu bekerja di masyarakat sebagai manusia yang terampil dan mandiri”.Ucapnya

“Pembinaan kemandirian ini untuk membekali warga binaan dengan aktifitas produktif, keahlian dan keterampilan sebelum mereka kembali ke masyarakat, tentu warga binaan ini harus lebih mengembangkan diri dengan pembinaan yang saat ini mereka ikuti”.sambungnya

Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru, Sapto Winarno dalam keterangannya terpisah menuturkan, program pembinaan kemandirian yang dilaksanakan untuk memfasilitasi warga binaan dengan kegiatan positif selama berada di Lapas Pekanbaru, juga bagian untuk tercapainya tujuan Pemasyarakatan yang diselenggarakan.

“Kita memfasilitasi warga binaan dengan berbagai kegiatan positif dan produktif, dalam upaya kita melaksanakan fungsi Pemasyarakatan, yakni melaksanakan pembinaan bagi warga binaan, ada banyak program pembinaan yang kita selenggarakan, termasuk yang saat ini sedang berlangsung pembinaan kemandirian metode menanam Hidroponik” jelas Kalapas.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *