Polres Kampar Lakukan Rapat Persiapan Upacara Memperingati Hari Jadi Pancasila

Nasional102 Dilihat

KAMPAR, Metrojurnalis.com  – Bangsa yang besar adalah Bangsa yang tidak melupakan sejarah nya begitu juga di Indonesia seluruh penjuru mulai dari Sabang sampai Merauke serentak akan melakukan upacara memperingati hari jadi Pancasila yang bertepatan jatuh pada hari Sabtu tanggal 01 Juni 2024.

 

Tidak mau ketinggalan Kabupaten Kampar juga sudah mulai mempersiapkan untuk memperingati hari kesaktian Pancasila tersebut, terlihat dengan dilakukan nya rapat persiapan untuk kegiatan upacara memperingati hari jadi Pancasila tersebut (29/05/2024).

 

Rapat persiapan hari lahir Pancasila tersebut dilaksanakan di Ruangan Darma wanita Kesbangpol Pemerintahan Daerah Kabupaten Kampar yang dihadiri langsung oleh Kabag Kesbangpol, Dandim yang diwakili Kasdim, Kapolres Kampar yang diwakili kabag SDM Polres Kampar, Kadishub atau yang mewaliki dan Perwakilan dari Kandepag Kabupaten Kampar yang dimulai jam 09.00 Wib.

 

Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja, SIK melalui Kepala Bagian Sumber Daya Manusia ( Kabag SDM) Polres Kampar Kompol Hendrizal Gani, SH.,M.Si mengatakan kepada media ” Benar telah diadakan rapat persiapan upacara memperingati hari lahir Pancasila ditahun 2024 ini ” ujar Hendrizal Gani.

 

Dengan hasil rapat yaitu akan diadakan gladi sebelum pelaksanaan upacara yaitu pada hari Jumat tanggal 31 Mei 2024 sekira jam 08.00 Wib di Lapangan Kantor Bupati Kampar, yang menjadi inspektur untuk upacara memperingati hari jadi Pancasila yaitu dari Sekda Kampar, yang menjadi perwira upacara memperingati hari jadi Pancasila ditunjuk dari Polres Kampar dan yang menjadi komandan upacara ditujuk dari perwakilan Kodim Kampar” ujar Hendrizal.

 

Hari Lahir Pancasila merupakan hari penting bagi seluruh rakyat Indonesia yang diperingati setiap tanggal 1 Juni dan ditetapkan sebagai hari libur nasional. Sejarah lahirnya Pancasila dimulai dari peristiwa dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

 

Berdasarkan dalam Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 2 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, hari peringatan ini akan mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024”

 

Tema tersebut menegaskan bahwa Pancasila telah mempersatukan seluruh rakyat Indonesia dengan segala keaneka ragamannya. Persatuan ini diharapkan dapat membawa Indonesia menuju 100 tahun yang gemilang, mandiri, dan berdaulat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *