Antisipasi Peredaran Narkoba, Polisi Cek Urine Pelajar

Nasional160 Dilihat

INHU, Metrojurnalis.com  – Dalam upaya mencegah peredaran narkoba di kalangan pelajar, Polres Inhu melalui Polsek Lirik bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melaksanakan pengecekan urine di SMKS Teknologi YPL Lirik pada Senin, 28/10/2024.

 

Kegiatan ini melibatkan sejumlah petugas kepolisian dan tenaga kesehatan untuk mengantisipasi bahaya narkotika yang mengintai generasi muda.

 

Dipimpin oleh Kapolres Inhu AKBP Fahrian Saleh Siregar diwakili oleh Kapolsek Lirik, IPTU Endang Kusma Jaya, bersama Dinas Kabupaten Inhu, kegiatan ini mencakup pemilihan secara acak 40 siswa dari kelas X dan XI, terdiri dari 36 siswa dan 4 siswi.

 

Pengambilan sampel urine dilakukan setelah siswa-siswi secara acak, dan hasilnya diuji menggunakan Drug Screen Test. Hasilnya cukup menggembirakan; tidak ada siswa yang menunjukkan hasil positif untuk methamphetamin.

 

Kepala Sekolah SMKS Teknologi YPL Lirik, Wing Astar, ST, mendukung penuh inisiatif ini.

 

“Kami sangat berterima kasih kepada Polsek dan Dinas Kesehatan yang telah peduli terhadap kesehatan dan masa depan siswa-siswi kami,” ujarnya.

 

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menilai kesehatan siswa, tetapi juga untuk memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba.

 

“Pengecekan urine ini merupakan langkah strategis untuk membatasi penyebaran narkotika di lingkungan sekolah”, ujar Kapolsek Lirik

 

Dinas Kesehatan Kabupaten Inhu dan Polres Inhu berharap, dengan adanya kegiatan seperti ini, pelajar dapat terhindar dari penyalahgunaan narkotika dan menjadi agen perubahan menuju Indonesia Emas 2045.

 

Selain itu, kegiatan ini juga mencakup sosialisasi kepada pemilih pemula mengenai pentingnya berpartisipasi dalam Pilkada dan menjadi agen anti-hoax di media sosial.

 

“Dengan kolaborasi antara pihak kepolisian dan dinas kesehatan, diharapkan kesadaran akan bahaya narkoba semakin meningkat di kalangan pelajar,” tambah Jaya.

 

Kegiatan ini akan terus dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat terhadap masa depan generasi muda yang lebih sehat dan produktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *