Sat Lantas Polres Kuansing Gelar Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas Di SMAN 1 Benai Dalam Rangka Operasi Zebra Lancang Kuning 2024

Nasional20 Dilihat

TELUKKUANTAN, Metrojurnalis.com – Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Kuantan Singingi (Kuansing) melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi tertib berlalu lintas dalam program “Police Goes to School” di SMAN 1 Benai, pada Selasa (22/10/2024). Kegiatan ini digelar dalam rangka Operasi Zebra Lancang Kuning 2024, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara di kalangan pelajar.

 

Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB hingga selesai, dengan menghadirkan dua personel dari Sat Lantas Polres Kuansing, yaitu Aiptu Mastur dan Bripka Rio Permana, serta dua anggota dari Indonesian Safety Driving Center (ISDC) Polda Riau. Sosialisasi ini menargetkan para siswa-siswi tingkat SMA dan SMP, guna memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya keselamatan di jalan raya dan mematuhi peraturan lalu lintas.

 

Kapolres Kuantan Singingi AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K.,M.H, melalui Kasat Lantas Polres Kuansing AKP Boy Setiawan, S.A.P., M.Si., menyampaikan “Dalam kegiatan tersebut, para siswa mendapatkan edukasi mengenai komponen berkendara yang wajib dipenuhi, seperti penggunaan helm, kelengkapan surat-surat kendaraan, serta pemahaman akan rambu-rambu lalu lintas,” ujar Kasat.

 

Para petugas juga menjelaskan berbagai faktor penyebab kecelakaan di jalan raya dan bagaimana mencegahnya. Selain itu, pentingnya sikap disiplin di jalan raya juga menjadi salah satu fokus utama dalam sosialisasi ini. Petugas mengimbau agar para pelajar tidak hanya menjadi pengendara yang taat aturan, tetapi juga menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di kalangan teman-temannya.

 

Dari kegiatan ini, diharapkan siswa-siswi SMAN 1 Benai dapat lebih memahami pentingnya keselamatan berlalu lintas. Beberapa hasil yang diharapkan antara lain Meningkatkan kepatuhan siswa dalam melengkapi komponen berkendara yang sesuai aturan, Menumbuhkan kesadaran di kalangan siswa untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas saat berkendara di jalan raya, Mengurangi pelanggaran lalu lintas yang kerap dilakukan oleh siswa, seperti tidak memakai helm atau melanggar rambu lalu lintas dan Membekali siswa dengan pengetahuan mengenai tata tertib berlalu lintas, sehingga mereka dapat menghindari potensi kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian atau ketidaktahuan.

 

Kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar dan kondusif. Para siswa terlihat antusias mengikuti penjelasan dari petugas, dan acara berlangsung dalam suasana yang aman serta terkendali. Sat Lantas Polres Kuansing berharap dengan adanya sosialisasi ini, angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di kalangan pelajar dapat berkurang, sejalan dengan tujuan utama dari Operasi Zebra Lancang Kuning 2024.

 

“Operasi Zebra ini merupakan upaya strategis Polri dalam meningkatkan keselamatan di jalan raya, khususnya dengan menyasar kelompok pelajar yang merupakan generasi muda dan pengguna jalan yang aktif. Sosialisasi ini akan terus dilaksanakan di berbagai sekolah lain di wilayah Kuansing untuk memastikan pemahaman tertib berlalu lintas merata di kalangan siswa,” pungkas Kasat.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *