Lapas Pekanbaru Gelar Razia Gabungan Sebagai Langkah Konkret Kunci Pemasyarakatan Maju

Nasional33 Dilihat

Pekanbaru Metrojurnalis.com  – Dalam upaya mewujudkan lingkungan steril dari narkoba serta barang terlarang lainnya, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru menggelar razia gabungan bersama Aparat TNI dari Komando Rayon Militer (Koramil) 03.01-05 Sail Kota Pekanbaru. Kegiatan ini sejalan dengan inisiatif 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju yang digagas oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Kamis (17/10).

 

Dipimpin oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Pekanbaru, Ismadi, kegiatan razia dimulai dengan melaksanakan apel di Lapangan Olahraga Lapas Pekanbaru yang diikuti oleh seluruh jajaran Petugas Lapas Pekanbaru serta Personel TNI Koramil 03.01-05 Sail Kota Pekanbaru.

 

Dalam pelaksanaan penggeledahan kamar hunian, petugas Lapas Pekanbaru dan Personel TNI dibagi menjadi 2 (dua) tim. Dengan sigap dan teliti para petugas menyisir kamar hunian agar tidak ada barang terlarang sesuai aturan yang berlaku. Dalam razia gabungan kali ini, Petugas berhasil menyita barang-barang yang dilarang masuk ke dalam Lapas seperti handphone, kabel-kabel ilegal, charger, sendok, gunting dan lain-lain serta membongkar barang-barang dan peralatan yang dianggap bisa mengganggu kontrol petugas pengamanan. Kemudian, barang terlarang yang ditemukan diinventarisasi untuk kemudian dimusnahkan.

 

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Lapas Pekanbaru, Erwin Fransiskus Simangunsong, menegaskan bahwa razia ini merupakan langkah nyata dalam mewujudkan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju.

 

“Kegiatan razia gabungan ini merupakan langkah konkrit implementasi seluruh Kunci Pemasyarakatan Maju yaitu, deteksi dini mencegah terjadinya gangguan kamtib, sinergitas dengan APH terkait, serta berantas narkoba,” ucap Erwin.

 

Lebih lanjut, melalui kegiatan Erwin berharap Lapas Pekanbaru dapat terus berkolaborasi dengan Aparat Penegak Hukum terkait untuk menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Lapas, serta mendukung program Lapas Bersinar sebagai upaya bersama dalam memberantas narkoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *