Subsatgas Binmas Operasi Mantap Praja 2024 Polres Kuansing Mengajak Masyarakat Wujudkan Pilkada Damai 2024

Nasional14 Dilihat

KUANTAN SINGINGI, Metrojurnalis.com  – Dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang aman, sejuk dan kondusif selama tahapan Pilkada 2024, Satgas Preemtif melalui Subsatgas Binmas menggelar kegiatan cooling system, Minggu (6/10/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 yang bertujuan untuk menjaga stabilitas keamanan diwilayah hukum Polres Kuansing sepanjang proses Pilkada berlangsung.

 

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Kuansing AKP H. Yuhelmi serta Ps. Kanit Bintibsos Aiptu Kurniawan, Ps. Kaurmintu Bripka Zulkifli dan Banit Sat Binmas Bripda Yogi.

 

Kapolres Kuantan Singingi AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H, melalui Kasat Binmas AKP H. Yuhelmi, memberikan edukasi dan sosialisasi terkait tahapan Pilkada 2024. Beliau menyampaikan pentingnya peran masyarakat dalam mensukseskan Pilkada 2024 dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk aktif menggunakan hak suara, serta tidak golput.

 

“Partisipasi aktif dari masyarakat sangat penting dalam menjaga demokrasi di Kabupaten Kuantan Singingi. Kepada seluruh masyarakat untuk datang ke TPS dan menggunakan hak suaranya dengan bijak,” ungkap AKP Yuhelmi.

 

Beliau juga menekankan pentingnya menjaga hubungan yang harmonis dan sinergis antara masyarakat dan pihak Kepolisian demi terciptanya suasana yang damai dan aman selama tahapan Pilkada berlangsung.

 

Selain itu, AKP Yuhelmi juga mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh oleh informasi palsu atau hoaks yang beredar, terutama di media sosial dan mengajak semua pihak untuk menggunakan media sosial secara bijak. “Informasi yang tidak benar atau hoaks dapat memicu perpecahan. Kami minta masyarakat untuk selalu memverifikasi informasi dan tidak mudah terprovokasi,” tegasnya.

 

Dalam sosialisasi tersebut, beberapa poin penting terkait Kamtibmas juga disampaikan kepada masyarakat. Pertama, pentingnya menjaga persatuan dan kerukunan antarwarga, terutama dalam masa-masa krusial seperti Pilkada. Kedua, pentingnya kerja sama antara masyarakat dan Polres Kuansing untuk menciptakan situasi yang kondusif.

 

AKP Yuhelmi juga menekankan bahwa Polres Kuansing akan terus berupaya untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, terutama selama tahapan Pilkada berlangsung, dengan melibatkan personel dalam pengamanan setiap tahapan Pilkada 2024. “Kami terus hadir di tengah masyarakat untuk memastikan Pilkada berjalan dengan lancar dan damai,” ujar AKP Yuhelmi.

 

Melalui kegiatan cooling system, Polres Kuansing berharap dapat membina sinergitas yang kuat dengan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi dalam rangka mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif selama Pilkada 2024. Edukasi dan sosialisasi yang diberikan oleh Sat Binmas diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan bersama.

 

Selain itu, kehadiran Polri di tengah masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik (public trust) terhadap Polri sebagai lembaga yang menjaga keamanan dan ketertiban.

 

“Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Polres Kuansing untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama seluruh tahapan Pilkada 2024, dengan harapan Pilkada di Kabupaten Kuantan Singingi dapat berjalan aman, damai dan demokratis,” pungkas Kasat.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *