Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Polda Riau Tekankan Nilai-nilai Luhur Pancasila

Nasional10 Dilihat

Pekanbaru, Metrojurnalis.com  – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Polda Riau menggelar upacara di halaman Mapolda Riau, Jalan Pattimura, Pekanbaru, Selasa (1/10/2024). Dengan mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”, upacara ini menjadi momen refleksi atas nilai-nilai luhur Pancasila.

 

Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal menegaskan pentingnya Pancasila sebagai anugerah bagi seluruh rakyat Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa para pendiri bangsa telah memberikan warisan berharga berupa lima butir ideologi yang menjadi pedoman bagi seluruh anak bangsa.

 

“Ada beberapa poin yang simetris dengan kerja-kerja kita yaitu melakukan upaya pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat. Melakukan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta melakukan penegakan hukum yang berkeadilan,” kata Irjen Mohammad Iqbal.

 

Dia menerangkan, pada sila pertama Pancasila berbunyi ketuhanan yang maha esa. “Maknanya adalah Pancasila itu menginginkan masyarakat yang berketuhanan, melakukan kerja sehari-hari sesuai dengan norma-norma yang diatur dalam keagamaan masing-masing,” sambungnya.

 

“Ajaran agama manapun tidak menginginkan pemeluknya melakukan hal-hal yang negatif,” sambungnya.

 

Selain itu, perlu dimaknai juga soal persatuan dan kesatuan Indonesia. Dalam era demokrasi, khususnya Pilkada serentak, Kepolisian Negara Republik Indonesia menggaungkan Pemilu damai dengan menggagas program cooling system.

 

“Variabel utama adalah persatuan dan kesatuan bangsa. Berbeda-beda tapi tetap satu. Boleh bertanding mengedepankan intelektual war, tetapi jangan menjelek-jelekkan, hoax, apalagi melakukan kekerasan. Ini sangat luar biasa makna dari hari Kesaktian Pancasila,” tuturnya.

 

Kami memegang teguh dan menjadikan Pancasila sebagai dasar bahwa Tribrata dan Catur Prasetya tentu sinarnya adalah Pancasila,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *