Kapolres Kuansing Pimpin Apel Gabungan KRYD Dalam Rangka Cooling System Pilkada 2024 Guna Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Nasional17 Dilihat

TELUKKUANTAN, Metrojurnalis.com – Kapolres Kuantan Singingi AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., pimpin langsung apel gabungan Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan (KRYD) dalam rangka mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pilkada Serentak 2024. Pada Sabtu, (28/9/2024), pukul 21:00 WIB, bertempat di Mapolsek Kuantan Tengah Polres Kuantan Singingi (Kuansing).

 

Kegiatan apel gabungan ini dihadiri oleh Kabag Log Polres Kuansing AKP Syarif Sujono, Kasubagkerma Bagops Polres Kuansing AKP Elfasbed, Kasiwas Polres Kuansing IPTU Bujang Kramis, KBO Sat Intelkam Polres Kuansing IPDA Asrul, Personel TNI sejumlah dua orang, Personel Pleton Siaga Regu IV Polres Kuansing sebanyak 28 orang dan Personel Satpol PP Kabupaten Kuansing sebanyak tujuh orang.

 

Kapolres Kuantan Singingi AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., dalam arahannya menyampaikan beberapa poin penting terkait pelaksanaan KRYD. Beliau menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keamanan di wilayah hukum Polres Kuansing, khususnya di tengah tahapan Pilkada Serentak 2024. Kapolres juga menginstruksikan agar patroli malam dilakukan di seputaran Kota Taluk Kuantan dengan melibatkan personel gabungan dari TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kuansing.

 

Kapolres mengingatkan bahwa Kabupaten Kuansing akan menghadapi pesta demokrasi dalam waktu dekat, sehingga upaya pencegahan gangguan Kamtibmas harus ditingkatkan. Oleh karena itu, patroli diarahkan ke beberapa lokasi strategis seperti Kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Kuansing. Selain itu, Kapolres mengimbau agar seluruh tindakan kepolisian yang dilakukan di lapangan harus tetap mengedepankan sikap humanis, sopan, dan santun.

 

Lebih lanjut, beliau menekankan pentingnya melaksanakan patroli di wilayah-wilayah yang rawan terjadinya tindak pidana, seperti area perkantoran, pusat perbelanjaan, dan perbankan. Hal ini dilakukan guna menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang Pilkada Serentak 2024. Khusus untuk Polsek Kuantan Tengah, Kapolres memberikan arahan agar melaksanakan patroli jalan kaki di kawasan Taman Jalur serta memberikan imbauan kepada pedagang dan pengunjung.

 

Patroli KRYD dilaksanakan di beberapa titik strategis di Kota Taluk Kuantan, antara lain Sepanjang Jalan Proklamasi Teluk Kuantan, Bundaran Cerano Sinambek – Kantor Bupati Kuansing, Bundaran Cerano Sinambek – Sport Center Teluk Kuantan, Pusat perbelanjaan di Taman Jalur, Bank Mandiri Teluk Kuantan, Kantor Bawaslu Kabupaten Kuansing, Kantor KPU Kabupaten Kuansing dan Gudang Logistik KPU Kabupaten Kuansing.

 

Patroli dilakukan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua, dengan fokus pada lokasi-lokasi yang dianggap rawan tindak pidana. Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas di daerah-daerah tersebut. Untuk menunjang kegiatan patroli, beberapa unit kendaraan operasional turut dikerahkan, di antaranya Dua unit mobil patroli Sat Lantas Polres Kuansing, Satu unit mobil patroli Sat Samapta Polres Kuansing, Satu unit mobil patroli Polsek Kuantan Tengah Polres Kuansing, Dua unit sepeda motor Sat Samapta dan Satu unit mobil patroli Satpol PP Kabupaten Kuansing.

 

Setelah rangkaian patroli selesai, kegiatan dilanjutkan dengan apel konsolidasi yang menandai berakhirnya KRYD. Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 22:40 WIB dan berjalan dengan aman serta kondusif, tanpa adanya laporan gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polres Kuansing.

 

“Dengan pelaksanaan kegiatan KRYD yang melibatkan berbagai instansi, Polres Kuansing menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Pilkada Serentak 2024. Melalui patroli gabungan yang terkoordinasi, diharapkan situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Kuansing tetap terjaga dengan baik, sehingga masyarakat dapat menjalani proses demokrasi dengan tenang dan damai,” Pungkas Kapolres.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *