Polsek Pangean Bersama Forkopincam Pangean Lakukan Pengecekan Distribusi BBM di SPBU PT. Kuantan Desa Sako

Nasional30 Dilihat

KUANTANSINGINGI, Metrojurnalis.com – Polsek Pangean bersama Forkopincam Kecamatan Pangean melaksanakan pengecekan pendistribusian dan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) di SPBU PT. Kuantan yang terletak di Desa Sako, Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi. Pada hari Rabu (18/9/2024), pukul 09.00 WIB, Langkah ini dilakukan untuk memastikan distribusi BBM berjalan lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, terutama dalam menghadapi berbagai kendala yang muncul terkait praktik penimbunan dan pelangsiran BBM di lapangan.

 

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah informasi yang dilansir oleh media online terkait adanya dugaan penyelewengan distribusi BBM di SPBU tersebut. Kegiatan pengecekan ini dilaksanakan oleh Camat Pangean, Aswandi, S.Pd., M.M., serta perwakilan dari Polsek Pangean dan Koramil Kuantan Hilir. Kapolsek Pangean, AKP Zulfatriano, S.H., M.H., yang diwakili oleh Kanit Reskrim, Ipda Harifin, S.H., turut hadir bersama anggota Polsek lainnya, yaitu Kanit Binmas Aipda Andika Sukmadi dan Bhabinkamtibmas Bripka Mukhlis. Pihak TNI diwakili oleh Serka Syakarni dari Koramil 07 Kuantan Hilir, yang menggantikan Danramil Kapten Ifn. Ardiyasman. Selain itu, General Manager SPBU PT. Kuantan, Mulyadi, bersama admin, Rosman, dan sejumlah karyawan SPBU, serta perwakilan masyarakat juga turut hadir.

 

Dalam sambutannya, Rosman selaku admin SPBU PT. Kuantan Desa Sako menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Forkopincam Pangean. Ia juga meminta arahan dan solusi terkait masalah distribusi BBM di SPBU tersebut. Mulyadi, selaku General Manager, menjelaskan bahwa pihaknya telah berupaya maksimal dalam mendistribusikan BBM, baik jenis Pertalite maupun Bio Solar, namun masih menemui kendala terkait oknum masyarakat yang melakukan pelangsiran BBM dengan berbagai cara. Mulyadi berharap Forkopincam dapat memberikan solusi agar distribusi BBM berjalan lancar tanpa hambatan.

 

Camat Pangean, Aswandi, S.Pd., M.M., dalam sambutannya menekankan pentingnya kesadaran masyarakat dalam mengikuti aturan yang berlaku saat mengisi BBM di SPBU. Ia mengingatkan agar tidak ada lagi penyalahgunaan distribusi BBM, seperti pengisian menggunakan jerigen atau mobil dengan tangki modifikasi, yang sering menjadi pemberitaan di media online. Aswandi juga mengajak masyarakat untuk mengikuti aturan antrian yang telah ditetapkan.

 

Perwakilan dari Koramil Kuantan Hilir, Serka Syakarni, menyatakan kesiapan TNI dalam mendukung Polsek Pangean untuk menertibkan pengisian BBM di SPBU PT. Kuantan. Ia juga menegaskan bahwa pihaknya akan membantu memastikan tidak ada lagi praktik ilegal seperti pengisian BBM menggunakan jerigen atau tangki modifikasi.

 

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Pangean, AKP Zulfatriano, S.H., M.H., menyampaikan “Bahwa Polsek Pangean akan bertindak tegas terhadap pelaku penimbunan dan pelangsiran BBM. Ia menegaskan bahwa pihak SPBU PT. Kuantan harus mematuhi peraturan dan tidak lagi melakukan pengisian BBM dengan jerigen atau mobil yang menggunakan barcode lebih dari satu. Jika ditemukan pelanggaran, pihaknya akan mengambil tindakan hukum sesuai ketentuan yang berlaku,” jelas Kapolsek.

 

Beberapa kesimpulan yang dicapai dari pengecekan ini antara lain Tidak ada lagi masyarakat yang diizinkan mengisi BBM jenis Pertalite menggunakan jerigen atau tangki modifikasi, Mobil jenis Cold Diesel yang menggunakan BBM Bio Solar tidak diperbolehkan memiliki barcode lebih dari satu atau menggunakan tangki modifikasi, Penimbunan BBM dalam jumlah besar akan ditindak tegas dan diproses sesuai hukum yang berlaku.

 

Pengisian BBM di SPBU PT. Kuantan Desa Sako harus tepat sasaran, khususnya bagi kendaraan yang melakukan pengisian BBM untuk kebutuhan operasional. Operator SPBU harus mendahulukan pengisian BBM untuk kendaraan pribadi yang sesuai dengan aturan antrian dan distribusi BBM di SPBU harus berjalan normal, dan masyarakat diharapkan tertib mengikuti antrian.

 

“Kegiatan pengecekan distribusi dan penyaluran BBM di SPBU PT. Kuantan Desa Sako selesai pada pukul 11.30 WIB dengan situasi yang aman dan kondusif. Forkopincam Pangean berharap agar permasalahan terkait distribusi BBM ini dapat segera teratasi dan tidak menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat,” Pungkas Kapolsek.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *