Kapolres Kuansing Gelar Cooling System Tiga Pilar untuk Menjaga Keamanan Pilkada 2024 di Wilayah Hukum Polres Kuansing

Nasional15 Dilihat

TELUKKUANTAN, Metrojurnalis.com Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, MH, gelar kegiatan Cooling System dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanaan Pilkada 2024 di wilayah hukum Polres Kuansing Pada Rabu (18/9/2024), bertempat di Aula Sanika Satyawada Polres Kuansing, Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini diinisiasi oleh Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, M.H., dan Kasat Binmas Polres Kuansing, H. Yuhelmi. Cooling System ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan frekuensi antara tiga pilar utama, yaitu Pemerintah, TNI, dan Polri, serta elemen masyarakat lainnya guna mewujudkan Pilkada yang aman, damai, dan tertib.

 

Adapun sasaran dari kegiatan ini mencakup Tiga Pilar, Pokdar Kamtibmas, Tokoh Adat, dan Forum Kebangsaan Kabupaten Kuansing. Kegiatan ini turut dihadiri oleh beberapa tokoh penting, di antaranya Dandim 0302 Inhu yang diwakili oleh Danramil 02 Kapten Inf J. Sihombing, Ketua KPU Kuansing Wawan Ardi, S.Psi, Komisioner Bawaslu Kuansing Nur Afni, S.Sos, Kabid Kominfo Kuansing Nasrul, S.Sos, M.Si, Ketua FPK Kuansing Suryawan, S.Sos (Dt. Godang Jolelo), serta delapan perwakilan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Perwakilan LAM Kuansing Husnan Arif, Perwakilan Kepala Desa Se-Kuansing sebanyak 15 orang, Perwakilan Bhabinkamtibmas dan Babinsa masing-masing sebanyak 15 personel, Perwakilan Senkom dan Pemuda Pancasila.

 

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, MH, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta yang hadir. Ia menegaskan pentingnya kegiatan Cooling System untuk menyatukan persepsi dan memperkuat sinergitas antara elemen pemerintah, aparat keamanan, dan masyarakat dalam menyukseskan Pilkada 2024 di Kabupaten Kuansing.

 

“Silaturahmi yang telah kami lakukan dengan pasangan calon bertujuan untuk mempersatukan semua pihak, agar Pilkada bisa berjalan dengan aman dan penuh berkah,” ungkap Kapolres.

 

Lebih lanjut, Kapolres juga menyoroti pengalaman Pilkada sebelumnya di Kuansing yang sempat diwarnai kericuhan pada tahun 2011, bahkan sampai terjadi perusakan. “Kita tidak ingin hal tersebut terulang. Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilkada 2024 ini,” ajaknya.

 

Pesan Danramil 02 Kapten Inf J. Sihombing

Mewakili Dandim 0302 Inhu, Danramil 02 Kapten Inf J. Sihombing turut memberikan pesan penting. Ia menekankan pentingnya sinergi antara Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan seluruh pemangku kepentingan dalam menyelesaikan masalah yang mungkin timbul selama tahapan Pilkada berlangsung.

 

“Kita semua yang hadir di sini harus menyatukan persepsi dan bertukar pikiran guna memastikan pelaksanaan Pilkada 2024 berjalan aman dan damai,” ujar Kapten Inf Sihombing.

 

Pemaparan dari Ketua KPU Kuansing dan Komisioner Bawaslu Ketua KPU Kuansing, Wawan Ardi, S.Psi., juga memberikan pemaparan mengenai tahapan Pilkada yang tengah berjalan. Ia menjelaskan bahwa tahapan penetapan pasangan calon akan dilakukan pada tanggal 22 September 2024, diikuti oleh pencabutan nomor urut pada tanggal 23 September 2024, serta dimulainya kampanye pada 25 September 2024.

 

“Cooling System ini sangat luar biasa dan menjadi salah satu bentuk pendinginan suasana dalam menyongsong Pilkada 2024 di Kabupaten Kuansing,” ujar Wawan Ardi, sembari mengapresiasi langkah Polres Kuansing dalam menciptakan suasana kondusif.

 

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kuansing, Nur Afni, S.Sos., juga menyampaikan pentingnya sinergi antara semua pihak untuk menjaga kondusivitas selama tahapan Pilkada. “Jika ada pelanggaran di lapangan, jangan ragu untuk melaporkannya kepada kami. Bawaslu siap memproses setiap pelanggaran sesuai mekanisme yang berlaku,” tegas Nur Afni.

 

Peringatan dari Kominfo tentang Bahaya Hoax

Mewakili Kepala Dinas Kominfo Kuansing, Kabid Kominfo Nasrul, S.Sos, M.Si., mengingatkan semua pihak akan bahaya penyebaran berita hoax yang dapat merusak suasana kondusif. Ia mengajak para tokoh adat, kepala desa, dan organisasi untuk menyampaikan pesan-pesan Cooling System kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum jelas kebenarannya. “Teknologi informasi berkembang pesat, dan kita harus bijak menyikapi berbagai berita yang beredar, terutama yang belum tentu benar,” pesan Nasrul.

 

Kasat Binmas Polres Kuansing H. Yuhelmi menegaskan pentingnya kolaborasi di lapangan antara Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan seluruh elemen masyarakat. “Tujuan utama kita adalah menciptakan Pilkada yang damai, aman, dan penuh berkah. Mari kita bekerja sama menciptakan situasi yang sejuk dan kondusif,” tuturnya.

 

“Kegiatan Cooling System ini berakhir pada pukul 12.10 WIB dengan situasi yang aman dan kondusif, mencerminkan harapan besar seluruh pihak agar Pilkada 2024 di Kabupaten Kuansing berjalan lancar tanpa gangguan,” Pungkas Kapolres.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *