Polsek Dumai Timur menggelar kegiatan Cooling System berupa penyuluhan dan edukasi Kamtibmas di rumah ibadah

Nasional30 Dilihat

DUMAI, Metrojurnalis.com Menyongsong Pilkada Serentak 2024, Polsek Dumai Timur menggelar kegiatan Cooling System berupa penyuluhan dan edukasi Kamtibmas di rumah ibadah. Kegiatan tersebut berlangsung di Masjid Al Qiyam, Jalan Paman Jaya, RT 10, Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, (16/9).

 

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta meminimalisir potensi konflik menjelang pemilihan.

 

Dalam acara yang dihadiri oleh pengurus dan jemaah Masjid Al Qiyam, Panit I Binmas Polsek Dumai Timur, IPDA Imaludin, memberikan pemaparan terkait situasi dan isu-isu politik yang berkembang saat ini di Kecamatan Dumai Timur. Imaludin menekankan bahwa masyarakat harus waspada terhadap dinamika politik dan menjaga kondusivitas wilayah.

 

“Menjelang Pilkada serentak, kita melihat adanya peningkatan tensi politik di beberapa daerah, termasuk Dumai Timur. Kami mengajak masyarakat, terutama para jemaah Masjid Al Qiyam, untuk turut serta menjaga situasi tetap kondusif dengan berkolaborasi bersama seluruh pemangku kepentingan,” ungkap IPDA Imaludin saat memberikan penyuluhan.

 

IPDA Imaludin juga menyampaikan bahwa kerjasama antara masyarakat dan pihak kepolisian sangat penting dalam menghadapi pemilihan umum. Salah satu cara efektif untuk menjaga stabilitas Kamtibmas adalah dengan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu politik yang dapat memecah belah persatuan.

 

“Kami berharap masyarakat tidak terpengaruh oleh isu-isu provokatif yang dapat menimbulkan perpecahan. Jaga kedamaian, baik dalam keluarga, lingkungan, maupun masyarakat luas,” tambahnya.

 

Lebih lanjut, IPDA Imaludin menjelaskan bahwa Polsek Dumai Timur bersama stakeholder lainnya akan terus melakukan upaya pencegahan, termasuk memberikan penyuluhan seperti ini, guna mengantisipasi munculnya konflik di tengah masyarakat. Ia juga menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan selama tahapan Pilkada berlangsung.

 

“Kita semua punya tanggung jawab untuk menjaga wilayah kita tetap aman dan damai. Jangan biarkan perbedaan pilihan politik menjadi sumber konflik. Mari kita jalani Pilkada ini dengan damai dan saling menghargai satu sama lain,” kata IPDA Imaludin dalam sesi tanya jawab dengan jemaah.

 

Dalam kesempatan tersebut, IPDA Imaludin juga mengajak para jemaah untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar menjelang Pilkada. Masyarakat diimbau untuk melaporkan segera jika menemukan adanya potensi gangguan keamanan atau informasi hoaks yang dapat meresahkan.

 

Kegiatan Cooling System ini tidak hanya berfokus pada penyuluhan politik, tetapi juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kesejukan suasana di tempat ibadah dan lingkungan sekitar selama proses pemilihan berlangsung.

 

Menurut IPDA Imaludin, rumah ibadah memiliki peran penting dalam menjaga ketenangan batin dan pikiran masyarakat, terutama di masa-masa krusial seperti Pilkada.

 

“Kami berharap, melalui kegiatan seperti ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan semakin meningkat. Kita ingin Pilkada serentak 2024 di Dumai berlangsung aman, tertib, dan tanpa konflik,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *