Kasat Binmas Polres Kampar lakukan Sosialisasi Tiga Pilar Pilkada 2024

Nasional146 Dilihat

BANGKINANG, Metrojurnalis.com -Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah pada 27 November 2024, Satbinmas Polres Kampar menggelar sosialisasi Tiga Pilar yang melibatkan Pemerintahan Desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas. Rabu (11/9/2024).

 

Acara ini diadakan di Mapolres Kampar, bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan koordinasi demi suksesnya Pilkada serentak Tahun 2024 di Kabupaten Kampar

 

Tampak hadir Kapolres Kampar yang di wakili Waka Polres Kampar Kompol Andi Cakra Putra, S. Ik M.H, Komisioner KPU Kampar dan anggota Bawaslu Kampar, Kasat Binmas Polres Kampar AKP Marupa Sibarani SH., MH dan personil TNI, Polri dan kepala desa .

 

Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja S. Ik melalui Kasat Binmas Polres Kampar AKP Marupa Sibarani SH., MH menyatakan bahwa inisiatif sosialisasi ini diambil untuk memperkuat peran Tiga Pilar dalam mendukung keberhasilan Pilkada. “Keberadaan Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan kepala desa di tingkat bawah sangat penting untuk memberikan informasi yang lebih efektif kepada masyarakat,” ujar Kasat.

 

Dia menambahkan, kegiatan sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara semua pihak terkait, mulai dari tingkat kabupaten hingga desa. “Kegiatan ini akan diturunkan hingga tingkat kecamatan, melibatkan PPK, camat, kapolsek, danramil, kepala desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Ketua PPS,” jelas Kasat Binmas.

 

Menurut Kasat Binmas, ada dua tujuan utama dari sosialisasi ini. Pertama, memberikan pemahaman dan pendidikan kepada masyarakat. “Kami ingin pemilih di Kabupaten Kampar menjadi lebih cerdas, sehingga kualitas Pilkada nanti akan lebih baik,” ujar Kasat

 

Kedua, meningkatkan partisipasi pemilih, dengan target mempertahankan atau bahkan meningkatkan partisipasi hingga maksimal

 

Kasat, menyatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan diri menyongsong Pilkada serentak dengan mengidentifikasi berbagai potensi kerawanan. “Kami dari Polres sudah mempersiapkan sistem dan metode cara bertindak untuk menanggulangi potensi tersebut,” ujarnya.

 

Marupa menambahkan, konsep Tiga Pilar sangat mendukung sinergi untuk memetakan dan memprediksi potensi kerawanan selama Pilkada. “Kami juga meminta media untuk membantu meminimalisir berita-berita hoax yang dapat menimbulkan kegaduhan selama Pilkada,” kata Kasat

 

Selain itu, Polres akan fokus pada personil yang benar-benar siap secara fisik dan mental untuk memastikan keamanan selama Pilkada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *