Kapolres Kuansing Pimpin Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Dalam Rangka Peringatan HUT RI Ke-79 

Nasional50 Dilihat

TELUKKUANTAN, Metrojurnalis.com – Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., pimpin Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara ini berlangsung di Lapangan Apel Mapolres Kuantan Singingi, Pada hari Sabtu, (17/8/2024), pukul 07.00 WIB.

 

Dalam kegiatan upacara sertijab tersebut dihadiri oleh Wakapolres Kuansing Kompol Robet Arizal, S.Sos, Para Kepala Bagian (Kabag) Polres Kuansing, Para Kepala Satuan (Kasat) Polres Kuansing, Para Kepala Seksi (Kasi) Polres Kuansing, Pama Polres Kuansing, Personel Polres Kuansing dan ASN Polres Kuansing.

 

Upacara ini berlangsung dengan khidmat yang dilaksanakan Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, M.H, sebagai Inspektur Upacara, Perwira Upacara AKP Syarif, Komandan Upacara Ipda Iswadi, Pembacaan Teks Proklamasi Kompol Y. Emanuel Bambang D., S.H., Pembawa Acara Bripda Irene, Pengibar Bendera Bripda Asri, Bripda Zihan, Bripda Yessi, Pembacaan Teks UUD 1945 Briptu Rizky Kurniawan dan Pembaca Doa Brigadir Aipda Tamsir.

 

Upacara dimulai dengan Komandan Upacara, Ipda Iswadi, yang memasuki lapangan upacara dan langsung mengambil alih pimpinan pasukan. Kemudian, Kapolres Kuansing selaku Inspektur Upacara memasuki lapangan upacara, diiringi dengan persiapan pasukan untuk memberikan penghormatan. Setelah itu, Komandan Upacara melaporkan kepada Inspektur Upacara bahwa pasukan siap melaksanakan upacara.

 

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, MH, mengatakan “Momentum sakral pengibaran Bendera Merah Putih berlangsung dengan khidmat. Diiringi lagu kebangsaan “Indonesia Raya,” pengibaran bendera dilakukan oleh tiga personel Polres Kuansing yang terpilih, yakni Bripda Asri, Bripda Zihan, dan Bripda Yessi. Penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih dipimpin langsung oleh Komandan Upacara,” ujar Kapolres.

 

Setelah pengibaran bendera, upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, dipimpin oleh Inspektur Upacara, sebagai wujud penghormatan dan doa kepada para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan Indonesia.

 

Pada bagian selanjutnya, Kompol Y. Emanuel Bambang D., S.H., membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, mengingatkan kembali kepada seluruh peserta upacara akan sejarah kemerdekaan bangsa. Dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Briptu Rizky Kurniawan, yang meneguhkan kembali landasan konstitusi negara.

 

Doa dipimpin oleh Aipda Tamsir, yang memohonkan keberkahan dan perlindungan bagi seluruh bangsa Indonesia, serta penghormatan bagi jasa-jasa para pahlawan. Upacara kemudian diiringi lagu “Andika Bhayangkari” sebagai penutup suasana khidmat tersebut.

 

Setelah laporan akhir dari Komandan Upacara, Inspektur Upacara meninggalkan lapangan, menandai berakhirnya upacara. Pasukan pun diistirahatkan setelah penghormatan terakhir kepada Inspektur Upacara.

 

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih ini berlangsung dengan khidmat dan lancar, serta selesai pada pukul 07.30 WIB. Selama kegiatan, situasi di lapangan terpantau aman dan kondusif, mencerminkan semangat disiplin dan pengabdian tinggi dari seluruh jajaran Polres Kuansing dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79.

 

“Dengan mengusung “SDM Budaya Unggul dan Kompetitif,” Polres Kuansing menegaskan komitmen dalam melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa melalui profesionalisme, dedikasi, dan semangat kebangsaan yang terus dijaga,” Pungkas Kapolres.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *