Kapolres Kuansing Hadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi Dalam Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Limuno

Nasional33 Dilihat

TELUKKUANTAN, Metrojurnalis.com – Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H.,hadiri Upacara Bendera dan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79. Pada hari Sabtu, (17/8/2024) pukul 08.30 WIB, di Lapangan Limuno, Kelurahan Pasar Taluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Upacara tersebut dipimpin oleh Bupati Kuansing, DR. H. Suhardiman Amby, MM, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

 

Upacara ini dihadiri oleh Pj. Sekda Kabupaten Kuansing, dr. H. Fahdiansyah, Sp.OG, Ketua DPRD Kabupaten Kuansing, DR. Adam, S.H., M.H., Kajari Kabupaten Kuansing, Nurhadi Puspandoyo, S.H., M.H., Pabung INHU-Kuansing, Kapten Legimin, Kepala Pengadilan Negeri Taluk Kuantan, Agung Iriawan, S.H., M.H.,Kalapas Kelas II B Taluk Kuantan, Bejo, A.Md. IP., S.H., M.H.,Ketua Pengadilan Agama, Neva Risna, S.Ag., Kepala Kantor Kemenag, Drs. H. Efrion Efni, M.Ag., Ketua KPU Kabupaten Kuansing, Wawan Ardi, S.Psi., Ketua Bawaslu Kabupaten Kuansing, Mardius Adi Saputra, S.H., M.H., Waka Polres Kuansing, Kompol Robet Ariza, S.Sos., Para Kabag, Kasat, Camat, anggota DPRD, serta kepala dinas, kepala bagian, dan kasatpol PP dari Pemerintah Kabupaten Kuansing, Para veteran dan pejuang ’45 dari seluruh Kabupaten Kuansing, Tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat se-Kecamatan Kuantan Tengah, Pengurus Bhayangkari Polres Kuansing, serta pengurus Korsit Kabupaten Kuansing, Dua eks napi teroris, Rinto Wijaya bin Syafuan dan Nofriman alias Wawan bin Umar dan Peserta upacara yang berjumlah sekitar 500 orang.

 

Upacara ini berlangsung dengan khidmat yang dilaksanakan Bupati Kuansing, DR. H. Suhardiman Amby, MM, sebagai Inspektur Upacara, Perwira Upacara Kompol Teguh Wiyoni, S.H., M.H, Komandan Upacara Iptu Pardomuan Aris Suranta, S.H., Komandan Paskibraka Ipda Arie Praramadhana, S.Tr.K., Pembacaan Teks Proklamasi Ketua DPRD Kabupaten Kuansing, DR. Adam, S.H., M.H, dan Pembaca Doa Drs. H. Efrion Efni, M.Ag.

 

Upacara dimulai dengan pasukan upacara yang terdiri dari berbagai elemen memasuki lapangan upacara. Pasukan terdiri dari satu peleton Polri, satu peleton TNI, satu peleton Korsik, satu regu Komcad, serta peleton dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, PGRI, Pemuda Pancasila, Kokam dan Banser, mahasiswa UNIKS, serta siswa SD, SMP, dan SMA di Taluk Kuantan.

 

Setelah pasukan memasuki lapangan, Komandan Upacara, Iptu Pardomuan Aris Suranta, S.H., memimpin pasukan dan melaporkan kepada Inspektur Upacara bahwa upacara siap dilaksanakan. Penghormatan kebesaran pun dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Inspektur Upacara.

 

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, MH, mengatakan “Puncak upacara adalah peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, yang berlangsung dengan penuh khidmat, DR. Adam, S.H., M.H., Ketua DPRD Kabupaten Kuansing, membacakan Naskah Proklamasi, yang kemudian diikuti dengan pembacaan doa oleh Drs. H. Efrion Efni, M.Ag., yang memohonkan keberkahan bagi bangsa dan negara,” ujar Kapolres.

 

Selanjutnya, pengibaran Sang Saka Merah Putih dilakukan dengan penuh khidmat oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka), diiringi lagu “Indonesia Raya” dan penghormatan dari seluruh peserta upacara. Upacara kemudian dilanjutkan dengan lagu “Andika Bhayangkari” yang dipersembahkan untuk seluruh peserta upacara.

 

Setelah itu, Komandan Upacara melaporkan kembali kepada Inspektur Upacara bahwa seluruh rangkaian acara telah selesai dilaksanakan. Penghormatan kebesaran pun dilakukan sekali lagi sebelum Inspektur Upacara meninggalkan tempat upacara, menandai berakhirnya acara.

 

Upacara Detik-Detik Proklamasi dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Kuansing ini selesai pada pukul 09.30 WIB. Selama pelaksanaan upacara, situasi berjalan dengan aman dan kondusif, mencerminkan semangat persatuan dan kebangsaan yang kokoh di antara seluruh peserta dan masyarakat Kabupaten Kuansing.

 

“Dengan semangat kemerdekaan dan tema “SDM Unggul, Indonesia Maju,” Kabupaten Kuansing menunjukkan tekad untuk terus melanjutkan cita-cita para pahlawan, membangun bangsa yang kuat dan sejahtera,” Pungkas Kapolres.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *