Polres Kuansing Laksanakan Upacara Kehormatan dan Renungan Suci Peringati HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia 

Nasional52 Dilihat

KUANTANSINGINGI, Metrojurnalis.com – Polres Kuansing laksanakan upacara kehormatan dan renungan suci dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Pada hari Sabtu (16/8/2024), pukul 23.30 WIB, bertempat di Makam Pahlawan KH. Oemar Oesman, seorang perintis dan veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia di Desa Koto Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

 

Upacara tersebut dipimpin oleh Bupati Kuansing, DR. H. Suhardiman Amby, AK. MM, yang bertindak sebagai pimpinan upacara. Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah KBO Sat Narkoba Polres Kuansing, Ipda Sudarman, dan sebagai Perwira Upacara adalah Kanit Lantas Polsek Kuantan Tengah, AKP Muslim.

 

Upacara tersebut dihadiri oleh Kapolres Kuansing yang diwakili oleh Wakapolres, Kompol Robet Arizal, S.Sos, Dandim 0302/Inhu-Kuansing yang diwakili oleh Pabung Kapt Inf. Legimin, Ketua Pengadilan Negeri Teluk Kuantan yang diwakili oleh Wakil Ketua, Ferdi, SH, MH, Ketua Pengadilan Agama Teluk Kuantan, Genius Virades, SH, Pj. Sekda Kuansing, dr. Fahdiansyah, Sp.OG, Anggota DPRD Kuansing, Gusmir Indra, Para Asisten, Kepala Dinas, dan Kepala Badan di lingkungan Pemkab Kuansing dan Tokoh masyarakat lainnya.

 

Acara dimulai dengan Komandan Upacara, Ipda Sudarman, memasuki lapangan upacara, diikuti oleh kedatangan Bupati Kuansing selaku Inspektur Upacara. Setelah laporan dari Komandan Upacara, dilanjutkan dengan pembacaan teks upacara kehormatan dan renungan suci oleh pimpinan upacara, Bupati Kuansing.

 

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, MH, melalui Wakapolres Kuansing, Kompol Robet Arizal, S.Sos, mengatakan “Teks upacara kehormatan dan renungan suci yang dibacakan oleh pimpinan upacara berisi penghormatan terhadap para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia,” jelas Kompol Robet.

 

Peserta upacara menyatakan hormat sebesar-besarnya atas pengorbanan yang telah diberikan oleh para pahlawan demi kebahagiaan bangsa dan negara. Dalam momen khidmat tersebut, peserta upacara juga bersumpah untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dan berdoa agar arwah mereka diterima di sisi Allah SWT.

 

Setelah pembacaan teks renungan suci, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, kemudian pembacaan doa untuk arwah para pahlawan. Penghormatan terakhir pun diberikan kepada arwah para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa. Setelah laporan dari Komandan Upacara, pimpinan apel meninggalkan lapangan upacara, menandai berakhirnya rangkaian upacara.

 

Upacara ini diikuti oleh berbagai barisan peserta, antara lain Barisan TNI dan Polri, Barisan Dinas Perhubungan (Dishub), Barisan Satpol PP, Barisan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Barisan Pramuka. Kegiatan upacara berakhir pada pukul 23.50 WIB, dan seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif,” Pungkas Wakapolres.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *