Jelang Operasi Mantap Praja LK 2024, Polres Inhu Gelar Rapat Eksternal, Ini Paparan Kapolres 

Nasional43 Dilihat

INHU, Metrojurnalis.com  – Menjelang pelaksanaan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning (LK) 2024 dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau menggelar rapat eksternal bersama Pemkab Inhu, Forkopimda, penyelenggara Pemilu dan pihak terkait lainnya.

 

Rapat yang dilaksanakan Jumat, 9 Agustus 2024 tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Inhu, AKBP Fahrian Saleh Siregar, S.I.K., M.Si, digedung Sejuta Sungkai, Kota Rengat, dihadiri Bupati Inhu yang diwakili Kepala Badan Kesbangpol Inhu, Bambang Indramawan, S. STP, M. Si, Forkopimda, KPUD dan Bawaslu Inhu.

 

Dalam arahannya, Kapolres Inhu mengatakan, untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif pada Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Inhu, perlu kerja sama dan koordinasi yang solid sesama stakeholder terkait agar dapat berjalan dengan lancar.

 

Ditegaskannya, berkaca dari Pilkada lalu, hendaknya dapat menjadi bahan evaluasi bersama, sehingga tidak terjadi kendala apapun, seperti pendistribusian logistik, kerusakan kotak dan kertas suara serta lainnya.

 

“Saya berharap, kita semua yang hadir saat ini, dapat menjalankan tugas masing-masing seusai Tupoksi, agar Pilkada berjalan dengan aman, damai dan kondusif. Sampaikan semua masalah atau kendala dilapangan saat rapat ini, agar bisa kita dudukan bersama,” ucap Kapolres.

 

Selanjutnya, paparan disampaikan beberapa stakeholder terkait, seperti Bagian Ops Polres Inhu, KPUD Inhu, Bawaslu Inhu, Kodim 0302/Inhu dan Bupati Inhu.

Seperti yang disampaikan Dandim 0302/Inhu, Letkol. Inf. Emik Chandra Nasution, M. Pm.

 

Dandim sangat mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan Operasi Mantap Praja LK 2024. Kodim 0302 Inhu juga telah melaksanakan simulasi pengamanan Pilkada secara internal, agar seluruh personel TNI dapat memahami dan mengetahui tugas-tugas dalam pengamanan Pilkada 2024 mendatang.

 

Dandim berharap agar Bawaslu Inhu bisa membuat rambu-rambu tentang kampanye yang melibatkan ASN agar tidak terjadi konflik saat kampanye, TNI/Polri sudah komit dan menyatakan netral dalam pesta demokrasi.

 

Kemudian, dilanjutkan dengan diskusi dan sesi tanya jawab, berbagai permalasahan dilapangan disampaikan oleh beberapa Kapolsek jajaran Polres Inhu dan langsung dijawab stakeholder terkait.

 

Sebelumnya, Kamis 8 Agustus 2024 pagi, di aula Sanika Satyawada Mapolres Inhu, juga menggelar rapat internal menjelang pelaksanaan Operasi Mantap Praja LK 2024 yang dipimpin Kapolres Inhu, dihadiri Waka Polres Inhu, Kompol Manapar Situmeang, S.H., S.I.K., M.H dan para Pejabat Utama (PJU) Polres Inhu dan Kapolsek jajaran.

 

Dalam arahannya saat rapat itu, Kapolres Inhu menegaskan, seluruh bagian dan satuan fungsi harus betul-betul mematangkan program dan tugas masing-masing, agar Pilkada Inhu terlaksana dengan baik, aman, sejuk dan kondusif.

 

Maping semua titik-titik rawan yang ada di Kabupaten Inhu, jangan sampai pelanggaran Pilkada seperti sebelumnya terjadi lagi, seperti kotak suara yang rusak dan kertas suara dirusak.

 

Setelah rapat internal ini, lanjut Kapolres, akan ada rapat eksternal dengan mengundang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu, Forkopimda Inhu, penyelenggara dan pengawas Pemilu serta pihak terkait lainnya.

 

“Saya berharap, semua satuan dan polsek dapat mengetahui semua potensi yang dapat menggangu ketertiban masyarakat saat Pilkada nantinya,” ucap Kapolres tegas.

 

Ditambahkannya, Polres Inhu harus betul-betul siap dan matang dalam mengahadapi semua tahap-tahapan Pilkada, pengamanan yang maksimal, berdayakan para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta elemen masyarakat lainnya, sehingga Pilkada terlaksana dengan baik dan aman sebagaimana misi kita dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dalam memberikan hak suara nantinya.

 

Hadir juga saat rapat eksternal tersebut, Dandim 0302/Inhu, Letkol Inf. Emik Chandra Nasution, M. Pm, Bupati Inhu diwakili Kaban Kesbangpol Inhu, Bambang Indramawan, S. STP, M.Si, Ketua Pengadilan Negeri Kelas II Rengat diwakili M. Adib Zain, S.H., M.H.

 

Kajari Inhu diwakili Jaksa Fungsional, Jimmy Manurung, S.H, Komisioner Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Inhu, Mulya Santoni, S.Pi, Komisioner Divisi Penanganan, Pelanggaran dan Datin Bawaslu Inhu, Salestia Deni, S.H., M.H, Kasat Pol PP Inhu, Tukiyat, S.Sos, para Kabag, Kasat dan Kasi Polres Inhu, Pasi Ops Kodim 0302/Inhu, Lettu Arm Herdianto, para Kapolsek jajaran Polres Inhu, tamu undangan lainnya dan sejumlah perwakilan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *