Kapolres Kuansing Hadiri Vidcon Terkait Penyelesaian dan Penanggulangan Bencana Banjir Tahun 2024 di Kabupaten Kuansing

Nasional81 Dilihat

TELUKKUANTAN, Metrojurnalis.com – Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito S.I.K.,M.H, hadiri Vidcon terkait penyelesaian dan penanggulangan bencana Banjir tahun 2024 di Kabupaten Kuansing yang di pimpin oleh Kapolda Riau IRJEN POL Muhammad Iqbal S.I.K.,M.H, bertempat di Ruangan Bupati Kabupaten Kuansing, Senin (8/1/2024) Pukul 09.00 WIB.

Vidcon tersebut dihadiri oleh Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. MM, Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito S.I.K.,M.H, Dandim Inhu – Kuansing LETKOL Kav Dani Prasetyo Wibowo, SSos, MIP, Wakapolres Kuansing KOMPOL Robert Arizal S.Sos, Waka 2 DPRD Kab. Kuansing Sdr. Jupizal.S.E.M.Si, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kuantan Singingi Sdr. dr. Fahdiansyah Sp.OG, Kabag SDM Polres Kuansing AKBP Hadi Purnama S.Ip, Kabag Ops Polres Kuansing KOMPOL Hendri Suparto S.Sos, Kasat Intelkam Polres Kuansing AKP Jhon W.H Matondang S.H, Kasat Samapta Polres Kuansing AKP Repriadi, Kasat Lantas Polres Kuansing AKP Boy Setiawan S.Ap.,M.Si, Kasat Binmas Polres Kuansing AKP Yuhelmi dan Kepala BPBD Kab. Kuansing Sdr. Andri Zul.

Pada kesempatan itu arahan Kapolda Riau IRJEN POL Muhammad Iqbal S.I.K.,M.H, menyampaikan “Laksanakan Posko terpadu, untuk TPS yang berdampak Banjir agar di pindahkan lokasinya ketempat yang aman agar tidak mengganggu proses pemilu tahun 2024 nantinya,”

“Mari kita bersama saling bantu untuk mensukseskan tentang penanganan banjir, pada prinsipnya kita harus hadir dan ucapan terima kasih kepada para Forkopimda kabupaten yang telah turun lansung ke lapangan untuk penangulangan banjir, di mohon kepada para kapolres jajaran untuk saling membantu dan segera dirikan posko pada daerah yg terdampak banjir,”

“Strategi cara bertindak kita masih parsial tidak terintregasi langka konkrit tidak lanjut dilapangan, di harapkan kepada Personil yang di lapangan mohon jadi perhatian khusus mengenai bahan pokok, korban jiwa serta kemacetan total di daerah yang terdampak banjir, Peran Media sangat penting dalam penangulangan banjir, ucapan terima kasih kepada para undangan untuk bisa menghadiri acara ini, tetap jaga kesehatan,” ujar Kapolda Riau.

Dilanjutkan arahan Karo Ops Polda Riau KOMBES POL Ronny Lumban Gaol S.I.K, menyampaikan “Banyaknya dampak yang terjadi akibat banjir dan terhambatnya akses transfortasi jalur nasional/ jalan lintas, terendamnya fasilitas umum seperti jalan, tempat Ibadah dan sekolah, dan terhambatnya distribusi sembako,”

“Kemudian melakukan kegiatan patroli di lokasi dan memberikan pelayanan masyarakat sementara waktu mengungsi ketempat yang aman selalu waspada terhadap anak-anak dan eningkatkan sosialisasi, edukasi dan mitigasi terkait upaya pencegahan banjir dan longsor dengan cara memanfaatkan media elektronik atau media sosial,” jelas Karo Ops Polda Riau.

Selanjutnya arahan Dirlantas Polda Riau KOMBES POL Taufik Luqman Hidayat S.I.K, menyampaikan “Adanya Curah hujan yang ektrim selama periode prediksi 30 Desember 2023 – 6 Januari 2024, Jalur Lintas Timur Kabupaten pelalawan mulai dari kota pangkalan kerinci hinga kecamatan Ukui,”

“Kemudian melaksanakan Koordinasi dengan intansi terkait dan menempatkan personil pada setiap persimpangan jalan lingkar dan selatan lokasi serta arah dari kab. Inhu, melaksanakan rekayasa lalu lintas terbatas dan membuat spanduk himbauan dari media elektronik,”

“Menyiagakan Alat Berat untuk membantu kendaraan yang terpuruk pada lokasi banjir, memastikan keberadaan personil antar instansi dalam pengaturan lalu lintas di pertigaan dan persimpangan dan membantu mensosialisasikan kondisi jalan pada masyarakat,” ujar Dirlantas Polda Riau.

Kemudian Penyampaian Basarnas Provinsi Riau menyampaikan “Masyarakat tidak mau di evakuasi ketempat yang aman dalam jangka waktu lama dan di arahkan setiap rumah yang terdampak banjir agar di buat rakit sementara sebelum bantuan datang,” jelasnya.

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, M.H., memyampaikan ” Vidcon terkait penyelesaian dan penanggulangan bencana Banjir tahun 2024 di Kabupaten Kuansing tersebut, membahas masalah penanggulangan bencana alam yang kerap kali terjadi di wilayah Hukum Polres kuansing terutama di Musim Penghujan sehingga sangat rawan akan terjadinya bencana alam berupa banjir,”

Dengan di adakannya vidcon ini, kami mengharapkan kepada seluruh stakeholder agar mampu berperan aktif dalam penanganan bencana alam yang ada di Wilayah Hukum Polres Kuansing, berkaca dari pengalaman pada tahun-tahun kemarin dalam penanganan bencana alam banjir,”

“Kapolres Kuansing memberikan pesan pesan kamtibmas kepada semua pihak agar berperan serta dalam menjaga kamtibmas, waspada terhadap terjadinya bencana alam seperti banjir, dan kepada warga agar tetap siaga dalam menjaga Harkamtibmas menjelang Pemilu Tahun 2024,” tutup AKBP Pangucap mengakhiri keterangannya.

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *