WUJUD PEMENUHAN HAK WARGA BINAAN, LAPAS PEKANBARU GELAR RAPAT EVALUASI PELATIHAN KEMANDIRIAN

Nasional59 Dilihat

Pekanbaru, Metrojurnalis.com – Jajaran seksi Kegiatan Kerja (Giatja) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru mengadakan Rapat Evaluasi Pelatihan Kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di ruangan Sekretariat WBK/WBBM Lapas Pekanbaru, Rabu (25/10/2023).

 

Kegiatan ini diikuti oleh panitia kegiatan pelatihan yang berasal dari seksi Kegiatan Kerja sebagai leading sector dari pelatihan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, pejabat struktural dan staf serta CV Jasa Indah Mandiri sebagai pihak ke tiga dan mitra kerja Lapas Kelas IIA Pekanbaru. Rapat evaluasi ini bertujuan untuk evaluasi dan perbaikan ke depan tentang pelatihan kemandirian bagi WBP yang ada di Lapas Kelas IIA Pekanbaru.

 

Seperti yang tertuang dalam UU Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan memberikan amanat disebutkan bahwa WBP untuk mendapatkan hak bersyarat diharapkan memenuhi tiga hal yakni berkelakuan baik, aktif mengikuti program pembinaan dan telah menunjukkan penurunan tingkat risiko. Tentunya pelatihan kemandirian menjadi poin penting bagi WBP untuk bisa mendapatkan hak bersyarat tersebut.

 

Program Pembinaan Kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan merupakan sentral pelatihan pengembangan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. Penyediaan wadah edukasi merupakan bentuk komitmen Lapas Kelas IIA Pekanbaru dalam menjadikan Warga Binaan yang berwawasan dan memiliki kompetensi. Oleh sebab itu memerlukan keseriusan dalam hal pemberdayaan.

 

“Fokus utama pelatihan kemandirian di Lapas Pekanbaru ini untuk meningkatan Pembinaan Kemandirian, dengan pelatihan ini tentunya warga binaan Lapas Pekanbaru menjadi lebih berdaya guna, mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta life skill sehingga setelah mereka menjalani masa pidana di dalam Lapas akan mencetak warga binaan yang bermanfaat bagi keluarga, bangsa, dan negara,” ucap Jefriyandi selaku Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Pekanbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *