Ikuti Rapat Koordinasi Forkopimda dan Apel Akbar Gabungan Pergelaran Pasukan serta Peralatan Dalam Rangka Kesiapan Penanganan Karhutla di Kabupaten Siak, AKBP Asep Sujarwadi Minta Seluruh Pihak Terkait Agar Selalu Tetap Siaga

Nasional85 Dilihat

SIAK, Metrojurnalis.com – Dalam rangka penanganan karhutla di Kabupaten Siak, Kapolres Siak Polda Riau AKBP Asep Sujarwadi, SIk, MSI hadiri Pertemuan dengan Bupati Siak Drs.H.Alfedri, M.Si dan Forkopimda Kabupaten Siak serta organisasi perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak guna mengkoordinasikan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bersama bertempat di di Pendopo Datuk Empat Suku Kompleks perumahan Dinas Bupati Siak Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak Kabupaten Siak, Senin (02/10/2023).

Setelah melaksanakan rapat koordinasi rombongan melanjutkan mengikuti Apel akbar pegelaran pasukan dan peralatan dalam rangka kesiap siagaan penanganan Karhutla di Kabupaten Siak.
Bertempat di di Jl Lintas Siak- Cimpur Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak

Dalam rapat koordinasi Bupati Siak Alfedri mengatakan bahwa penetapan setatus siaga darurat nencana Karhutla telah diberlakukan melalui Keputusan Bupati Siak Nomor 297/HK/KPTS/2023.

“Diminta peran serta pihak swasta atau perusahaan bersama Unsur Pimpinan Kecamatan dan Kampung untuk melakukan patroli bersama di wilayah rawan Karhutla serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena lebih baik mencegah daripada menanggulangi kebakaran” Ucap Alfedri

Alfedri juga meminta agar setiap pelaku pembakaran diberi tindakan tegas agar menimbulkan efek jera.

Kapolres Siak AKBP Asep pada sambutan nya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terkait yang telah peduli dengan penanganan Karhutla terutama di Wilayah Siak.

“Dalam bulan Oktober ini kami Polri sudah siaga satu dalam penanganan Karhutla di Kabupaten Siak oleh karena itu kami minta kepada seluruh Stekholder terkait maupun pihak perusahaan agar kita siap siaga dalam menangani Karhutla di Kabupaten Siak”. Terang AKBP Asep

AKBP Asep telah memerintahkan seluruh Kapolsek dan jajaran nya untuk tidak meninggalkan tempat dan selalu dalam keaadaan siaga baik personil maupun peralatan.

Apel akbar pergelaran pasukan dan peralatan penanganan Karhutla diikuti TNI – Polri, Pemerintah Daerah, BPBD Kabupaten Siak, Damkar Kabupaten Siak, Pleton TNI, Satpol PP Kabupaten Siak, Manggala Kabupaten Siak, Dishub Kab Siak, MPA (Masyarakat Peduli Api) dan pemadam dari beberapa perusahaaan yanng beroprearasi diwilayah Siak.

Selain Show of force kegiatan ini juga bertujuan sebagai sarana mitogasi dalam melihat sejauh mana kesiapan seluruh unsur terkait di Kabupaten Siak dalam melakukan penanggulangan bencana Karhutla di Kabupaten Siak nanti nya.

Setelah Apel akbar dilakukan dilanjutkan pengecekan peralatan yang digelarkan oleh Unsur Forkopimda dan di tutup dengan pemberian bantuan alat pemadam kebakaran Sambunesia Nozzle dari salah satu perusahaan yang jadir kepada Pemerintah Kabupaten Siak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *