JELANG LEBARAN, LAPAS PEKANBARU IKUTI ARAHAN OLEH DIRKAMTIB

Nasional83 Dilihat

Pekanbaru, Metrojurnalis.Com – Kamis Siang jajaran petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekanbaru mengikuti arahan oleh Plt.Direktur Keamanan dan Ketertiban(Dirkamtib) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Erwedi Supriyanti secara daring(13/04/2023).

 

Diikuti langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru Sapto Winarno dan Jajaran, kegaiatan pengarahan dan penguatan oleh Plt.Direktur Keamanan dan Ketertiban. Kegaiatan pengarahan dan penguatan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan kunjungan lebaran tatap muka bagi keluarga warga binaan yang tahun ini merupakan kunjungan pertama setelah pandemic Covid-19 melanda.

 

Dalam arahannya Erwedi Supriyanto menghimbau kepada seluruh Lapas maupun Rutan agar melakukan deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban menjelang Hari Raya Idul Fitri. “ Seperti diketahui bersama bahwa momen lebaran merupakan keadaan yang paling rawan gangguan kamtib, oleh karena itu saya menghimbau kepada seluruh Lapas dan Rutan untuk melakukan langkah-langkah terhadap antisipasi gangguan kamtib”. Ucap Erwedi.

 

Erwedi menambahkan, ada beberapa hal yang berpotensi terjadi gangguan keamanan dan ketertiban diantaranya:

  1. pengeluaran narapidana yang tidak sesuai dengan SOP
  2. Maraknya penggunaan handphone
  3. Pelarian warga binaan menjelang lebaran
  4. Penyelundupan barang terlarang
  5. Layanan kunjungan tidak sesuai dengan ketentuan
  6. Kerusuhan/keributan saat layanan kunjungan tatap muka
  7. Pencurian/kehilangan barang saat pelaksanaan kunjungan
  8. Pelanggaran disiplin petugas pemasyarakatan

 

Selain itu Erwedi Supriyanto juga menghimbau kepada seluruh Lapas dan Rutan untuk selalu melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan aparat penegak hukum untuk membantu pengamanan selama hari raya idul fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *