DETEKSI DINI DAN CEGAH KEBAKARAN, LAPAS PEKANBARU MAKSIMALKAN PERAWATAN APAR

Nasional101 Dilihat

PEKANBARU, Metrojurnalis.Com – APAR Adalah Alat Pemadam Api Ringan dengan bentuk tabung yang memiliki ukuran yang berbeda-beda namun tetap berukuran relatif kecil. Hal tersebut tentu saja sesuai dengan kegunaan APAR itu sendiri sebagai pemadam api dengan skala yang kecil.

Untuk memastikan APAR dalam kondisi kondisi yang baik, petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru melakukan pengecekan dan perawatan rutin Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di lingkungan Lapas Pekanbaru , Kamis (29/12/2022).

Apar merupakan fire protection yang berfungsi memadamkan api atau mengendalikan kebakaran dalam skala kecil yang umumnya terjadi pada situasi darurat. Inpeksi sarana prasarana proteksi kebakaran seperti APAR dilakukan guna mencegah dan memitigasi risiko terhadap bencana kebakaran di Lapas

Perawatan APAR merupakan salah satu kegiatan rutin untuk mencegah dan mengantisipasi kebakaran yang mungkin saja bisa terjadi. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan kondisi APAR apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Kepala Urusan Umum, Haby Burrahman, menjelaskan bahwa di Lapas Pekanbaru Kanwil Kemenkumham Riau tersedia APAR yang ditempatkan di titik-titik strategis di lingkungan lapas.

“Di Lapas Pekanbaru ditempatkan APAR di beberapa titik, mulai dari ruang kerja pegawai hingga setiap blok hunian WBP,” ujar Haby.

Haby juga menjelaskan bahwa selain dilakukan perawatan APAR rutin, Lapas Pekanbaru juga terus menjalin sinergitas terhadap stake holder terkait yaitu Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Pekanbaru. Seperti hal nya pekan lalu, Dinas Damkar melakukan kegiatan patroli sambang pada Lapas Pekanbaru dalam rangka deteksi dini dan antisipasi kebakaran pada momen pengamanan akhir tahun 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *