TUTUP TAHUN 2022, KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM GELAR REFLEKSI AKHIR TAHUN

Nasional146 Dilihat

PEKANBARU, Metrojurnalis.Com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru mengikuti kegiatan Refleksi akhir tahun 2022 Kementerian Hukum dan HAM. Bertempat di Ruang Sekretariat WBK/WBBM acara refleksi akhir tahun ini diikuti oleh Pejabat Struktural dan pegawai admininstrasi Lapas Pekanbaru secara virtual Kamis, (15/12/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Graha Pengayoman dihadiri secara langsung oleh Menteri Hukum dan HAM (Yasona H Laoly) beserta Pimpinan tinggi Kementerian Hukum dan HAM. Acara diawali dengan doa dengan dilanjutkan penayangan video capaian kinerja Kementerian Hukum dan HAM tahun 2022. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada kementerian dan lembaga yang telah sukses melaksanakan Reformasi Hukum tahun 2022.

Dalam kesempatan refleksi akhir tahun 2022 Menteri Hukum dan HAM menyampaikan capaian kinerja dalam beberapa bidang diantaranya Pemajuan dan Penegakan HAM, Bidang Pembentukan Regulasi, Bidang Dukungan Manajemen serta diterimanya penghargaan yang telah diraih.

Pada kegiatan tersebut, Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly mengungkapkan pencapaian terbesar Kemenkumham di bidang pembentukan regulasi adalah dengan disahkannya Rancangan Undang-undang Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RUU KUHP), pada Rapat Paripurna DPR RI, Selasa 6 Desember 2022.

Sebagaimana kita ketahui, KUHP adalah UU paling lama yang berlaku di negeri ini, yaitu sejak tahun 1918. Ada banyak persoalan di dalamnya yang dinilai tidak sesuai lagi dengan kondisi dan dinamika yang ada saat ini.

“Proses pembaharuan dan pengubahan (revisi) telah lama dilakukan, sejak 59 tahun yang lalu, mulai tahun 1963 hingga saat ini. Seluruh tahapan dilakukan secara cermat, penuh kehati-hatian, transparan, partisipatif, melibatkan banyak pemangku kepentingan dan telah mengadopsi berbagai gagasan dari publik,” ucap Yasonna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *