Polsek Rumbai Kampanye Wujudkan lingkungan sehat bersih dan bebas dari sampah. Kapolsek Iptu SAID ajak warga berpartisipasi aktif secara langsung dalam pengolahan sampah 

Nasional22 Dilihat

Pekanbaru, Metrojurnalis.com  –  Dalam rangka Kampanye menuju Indonesia Bebas sampah dan Bebas Emisi 2025, Kanit Binmas Polsek Rumbai Ipda KAMRA JUNAEDY bersama Bhabinkamtibmas kel Agro Wisata Bripka ROGANDA NABABAN sambang warga di Jln.Sri Kurniai RT 01 / RW 05 Kel. Agro Wisata Kec.Rumbai Kota Pekanbaru Rabu, (2-10-2024) jam 08.30 s/d selesai

 

Jajaran Binmas Polsek Rumbai dipimpin kanit Binmas gencar melaksanakan Edukasi meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya pengolahan sampah yang baik kepada setiap warga binaannya di wilkum Polsek Rumbai. Hal ini sebagai bentuk Kampanye menuju Indonesia Bebas sampah dan Bebas Emisi 2025 . Warga diberikan edukasi terkaid dampak sampah bagi lingkungan dan dihimbau partisipasi warga dalam pengolahan sampah berbasis masyarakat.

 

Masyarakat dihimbau untuk berpartisipasi aktif secara langsung dalam pengolahan sampah mewujudkan lingkungan sehat bersih dan bebas dari sampah.

 

Salah satu tokoh masyarakat bapak Awaldyah Hasibuan yang menjadi ketua proklim kel Agrowisata menyebut Kampung iklim yang menjadi wilayah binaanya di RW 5 Kelurahan Agro wisata, warganya sebelumnya telah diberikan penyuluhan dan pelatihan Pengolahan bank sampah dan pembuatan ecoenzim oleh Perbanusa (Persatuan bank sampah nusantara). Warga kami disini insyaallah sadar lingkungan. Disini telah dibentuk bank sampah dan telah didirikan Unit pengolahan sampah terpadu. Limbah sampah plastik telah berhasil kami daur ulang menjadi bahan bakar alternatif (BBA) yang fungsinya sama seperti minyak solar sehingga dapat membantu para petani yang sebahagian besar menjadi mata pencaharian warga setempat dalam mendukung operasional kegiatan menjalankan alat2 mesin pertanian.

 

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jeki Rahmat Mustika, SIk melalui Kapolsek Rumbai Iptu SAID KHAIRUL IMAM SH,MH menyatakan apresiasi dan mendukung upaya2 yang telah dilakukan warganya dalam pengolahan sampah dari limbah menjadi barang yang bernilai dan dapat digunakan mendukung untuk kegiatan positif lainnya dan mendatangkan keuntungan.

 

Sampah selama ini dianggap limbah yang mendatangkan dampak negatif seperti bau busuk yang bisa mendatangkan penyakit dan mencemari lingkungan, bahkan bisa penyebab banjir jika dibuang sembarangan ke sungai adanya sampah yang terbawa air dan menyumbat saluran. “Gumpalan-gumpalan sampah tersebut kemudian menutup saluran air, sehingga air meluap kemana-mana, akibatnya di beberapa wilayah terjadi banjir,” sebut kapolsek Iptu SAID menjelaskan.

 

Lanjut Kapolsek Rumbai Iptu Said, dirinya bersama Kanit Binmas akan terus mendorong anggota dilapangan terutama para bhabinkamtibmas berjumlah 9 orang untuk melakukan pembinaan masyarakat dan memberi pemahaman pentingnya menjaga lingkungan dan juga terkaid bagaimana pengolahan sampah yang baik.

 

Kepada media sebut Kapolsek Rumbai Iptu SAID KHAIRUL IMAN SH,MH “Kampanye menuju Indonesia Bebas sampah dan Bebas Emisi 2025 terus kita gencarkan mengajak warga berpartisipasi aktif merawat bumi dengan menjaga lingkungan tetap sehat dan bebas sampah,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *