Satgas Preemtif Polres Kuansing Gelar Cooling System Wujudkan Kamtibmas Aman dan Kondusif Selama Tahapan Pilkada 2024

Nasional21 Dilihat

KUANTANSINGINGI, Metrojurnalis.com – Dalam rangka mendukung terciptanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman dan kondusif selama tahapan Pilkada 2024, Satgas Preemtif Polres Kuantan Singingi menggelar kegiatan Cooling System. Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 yang berlangsung pada hari Selasa (24/9/2024), pukul 10.30 WIB hingga selesai.

 

Cooling System yang dilaksanakan ini bertujuan untuk membina sinergi antara Polres Kuansing dan seluruh lapisan masyarakat guna memastikan proses Pilkada di wilayah hukum Polres Kuansing berjalan dengan aman, damai, dan sejuk. Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa personel penting dari Sat Binmas Polres Kuansing, antara lain Kasat Binmas Polres Kuansing, AKP H. Yuhelmi, Ps. Kanit Bintibsos Polres Kuansing, Aiptu Kurniawan, Ps. Kanit Binkamsa Polres Kuansing, Aiptu Aprial Pindes dan Ps. Kaurmintu Satbinmas Res Kuansing, Bripka Zulkifli.

 

Dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas Polres Kuansing, AKP H. Yuhelmi, memberikan sejumlah edukasi dan sosialisasi terkait tahapan Pilkada 2024. Hal ini bertujuan agar masyarakat memahami peran pentingnya dalam menyukseskan Pilkada, serta untuk menjaga suasana yang aman dan kondusif selama seluruh tahapan berlangsung.

 

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, MH, melalui Kasat Binmas Polres Kuansing, AKP H. Yuhelmi, menyampaikan “Kegiatan Cooling System yang dilaksanakan oleh Satgas Preemtif Polres Kuansing ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 yang bertujuan untuk menciptakan situasi yang kondusif selama tahapan Pilkada 2024. Dengan mengedepankan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, Polres Kuansing berupaya agar Pilkada serentak di Kabupaten Kuansing dapat berjalan dengan lancar, damai, dan aman,” ujar Kasat.

 

Beberapa poin utama yang disampaikan dalam kegiatan tersebut antara lain mengajak Masyarakat Menyukseskan Pilkada 2024, Seluruh lapisan masyarakat diimbau untuk turut serta menyukseskan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Kuantan Singingi dengan menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab dan tidak golput. Partisipasi aktif masyarakat dalam Pilkada sangat penting demi keberhasilan proses demokrasi.

 

Sinergitas dengan Polres Kuansing, mengajak masyarakat untuk terus bersinergi dengan Polres Kuansing dalam menjaga situasi kamtibmas yang aman, damai, sejuk, dan kondusif selama seluruh tahapan Pilkada. Sinergitas antara masyarakat dan aparat keamanan menjadi kunci penting dalam menjaga stabilitas dan ketertiban selama masa pemilihan.

 

Bijak Menghadapi Informasi Hoax, mengingat maraknya informasi hoax yang berpotensi memicu keresahan di masyarakat, seluruh lapisan masyarakat diimbau untuk bijak dalam menggunakan media sosial dan tidak mudah terpengaruh oleh informasi yang belum tentu kebenarannya. Informasi yang beredar mengenai Pilkada harus disaring dengan cermat agar tidak menimbulkan ketegangan di tengah masyarakat.

 

Menjaga Persatuan dan Kerukunan, Kasat Binmas juga menekankan pentingnya menjaga persatuan, kerukunan, dan keutuhan bangsa selama masa Pilkada. Perbedaan pilihan politik seharusnya tidak menjadi pemicu perpecahan, melainkan dijadikan sebagai bagian dari dinamika demokrasi yang sehat.

 

Melalui kegiatan Cooling System ini, Sat Binmas Polres Kuansing berharap agar berbagai hasil positif dapat tercapai, terutama dalam mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif selama tahapan Pilkada 2024. Beberapa hasil yang diharapkan antara lain Terjalinnya Sinergitas antara Polres Kuansing dan Masyarakat, Melalui kegiatan ini, diharapkan terbangun sinergi yang lebih kuat antara Polres Kuansing dan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Kuansing. Sinergitas ini akan membantu menciptakan suasana yang damai dan sejuk selama Pilkada berlangsung.

 

Peningkatan Kesadaran Masyarakat tentang Tahapan Pilkada, Dengan adanya edukasi dan sosialisasi yang dilakukan oleh Sat Binmas Polres Kuansing, diharapkan masyarakat lebih memahami tahapan Pilkada 2024. Pemahaman ini akan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menyukseskan Pilkada serta menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

 

Meningkatkan Kepercayaan Publik terhadap Polri, Kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan public trust atau kepercayaan masyarakat terhadap Polri sebagai lembaga yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada. Dengan meningkatnya kepercayaan tersebut, diharapkan masyarakat akan lebih proaktif dalam berkoordinasi dengan Polri untuk menjaga kamtibmas.

 

Terciptanya Situasi Kamtibmas yang Aman dan Kondusif, Salah satu tujuan utama dari kegiatan Cooling System ini adalah terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Kuansing selama tahapan Pilkada 2024. Keberhasilan Pilkada tidak hanya ditentukan oleh proses pemilihan yang lancar, tetapi juga oleh kondisi keamanan dan ketertiban yang terjaga.

 

“Selama kegiatan berlangsung, situasi terpantau aman dan kondusif, serta mendapatkan respons positif dari masyarakat. Melalui kerja sama yang baik antara Polri dan masyarakat, diharapkan Kabupaten Kuansing dapat menyelenggarakan Pilkada 2024 dengan sukses, serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan di tengah perbedaan pilihan politik,” Pungkas Kasat Binmas.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *