Polres Kuansing Laksanakan Supervisi Oleh Tim Pamatwil Polda Riau Dalam Rangka Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024

Nasional24 Dilihat

TELUKKUANTAN, Metrojurnalis.com – Polres Kuansing melaksanakan supervisi oleh Tim Pamatwil Polda Riau di Posko Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 Pada hari Jumat (20/9/2024), pukul 13.00 WIB, Supervisi ini dipimpin oleh Kombes Pol Mohammad Qori Oktohandoko, S.H., S.I.K., M.H., yang juga menjabat sebagai Kabid Kum Polda Riau. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan Polres Kuansing dalam menghadapi tahapan Pilkada Serentak 2024 di wilayah Kabupaten Kuansing, sekaligus memberikan arahan penting terkait pengamanan selama operasi berlangsung.

 

Supervisi ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting dari jajaran Polres Kuansing yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024, antara lain Ka Ops Res Polres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., Kaset Ops KOMPOL Y. Emanuel Bambang Dewanto, S.H., Kapusdal Ops AKP Akmal, S.E., Kasatgas Ban Ops AKP Syarif Sujono, Kasatgas Preventif AKP Refriadi, S.E., Kasatgas Walpri AKP Novris Hasiholan, S.H., M.H., Kasatgas Humas IPTU Aman Sembiring, S.H, dan Pejabat Operasi Mantap Praja 2024 lainnya, beserta personel yang terlibat dalam operasi.

 

Supervisi dibuka dengan arahan dari Kombes Pol Mohammad Qori Oktohandoko, yang menekankan pentingnya kesiapan dan fokus dalam pelaksanaan tugas pengamanan selama tahapan Pilkada Serentak 2024. Dalam arahannya, Kombes Pol Mohammad Qori mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan dedikasi seluruh personel yang terlibat dalam operasi ini. Beliau mengingatkan agar fokus pengamanan Polri tidak terpecah, meskipun ada laporan dari masyarakat ke Bawaslu terkait potensi pelanggaran dalam tahapan Pilkada. Semua personel harus tetap menjaga profesionalisme dan netralitas dalam menjalankan tugas.

 

Tim Pamatwil Polda Riau juga menekankan bahwa tahapan kampanye yang akan berlangsung pada 25 September hingga 23 November 2024 harus diawasi dengan ketat. Personel pengamanan perlu dibagi dengan baik sesuai jadwal kampanye pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kuansing, serta harus ada koordinasi yang baik antara Polres dan pihak penyelenggara.

 

Kombes Pol Qori menegaskan pentingnya menjaga netralitas Polri. Jika ada personel yang melanggar netralitas, maka akan dikenakan sanksi pidana dan dicopot dari jabatannya sesuai perintah Kapolda Riau. Arahan juga diberikan terkait koordinasi yang harus dilakukan secara berjenjang apabila ada keraguan dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

 

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., menyampaikan “Beberapa hal terkait perkembangan tahapan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Kuansing yakni Pengundian Nomor Urut Paslon, Dalam waktu dekat, Polres Kuansing akan mengamankan kegiatan pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kuansing. Rapat koordinasi telah dilakukan dengan berbagai instansi terkait untuk memastikan kelancaran acara,” ujar Kapolres.

 

AKBP Pangucap menegaskan bahwa peserta kegiatan tersebut akan dibatasi hanya untuk pasangan calon, ketua dan sekretaris partai, serta Ketua Tim Pemenangan dan Liaison Officer (LO) dari masing-masing pasangan calon. Rombongan pendukung massa dibatasi maksimal 20 orang per pasangan calon. Siaran Langsung untuk Simpatisan, Bagi simpatisan yang tidak bisa hadir langsung, Polres Kuansing bekerja sama dengan KPU Kabupaten Kuansing akan menyiarkan kegiatan tersebut secara live streaming di Posko Pemenangan masing-masing paslon melalui kanal YouTube resmi KPU Kuansing.

 

Usulan Perbantuan Pasukan, Polres Kuansing juga mengusulkan bantuan tambahan pasukan untuk mengamankan tahapan kampanye dan pemungutan suara. Usulan tersebut mencakup 1 SST (Satuan Setingkat Peleton) Brimob yang akan dikerahkan mulai 25 November hingga 14 Desember 2024 dan 2 SST Samapta lengkap dengan peralatan Dalmas (Pengendalian Massa) yang akan mulai bertugas pada 1 hingga 14 Desember 2024.

 

Pengamanan TPS, mengenai personel yang akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS), masih dalam tahap pengkajian dan akan segera ditentukan. Perkembangan Situasi, Ka Ops Res Kuansing berkomitmen untuk menyampaikan setiap perkembangan situasi pada kesempatan pertama guna menjaga kelancaran proses pengamanan Pilkada.

 

Setelah penyampaian dari Ka Ops Polres Kuansing, kegiatan dilanjutkan dengan pendalaman pengecekan Rencana Hasil (Renhasil) masing-masing Satuan Tugas (Satgas) yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024. Selain itu, pengecekan panel data di Posko Operasi juga dilakukan untuk memastikan seluruh informasi terkait pelaksanaan operasi terpantau dengan baik.

 

“Supervisi ini berakhir pada pukul 13.30 WIB dengan situasi yang aman dan terkendali. Tim Pamatwil/Asistensi Polda Riau bersama Polres Kuansing berkomitmen untuk terus bersinergi demi terciptanya Pilkada Serentak 2024 yang aman, damai, dan kondusif di Kabupaten Kuansing,” Pungkas Kapolres.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *