Terapkan SOP, Petugas Pintu Utama Lapas Pekanbaru Lakukan Apel Serah Terima

Nasional43 Dilihat

PEKANBARU, Metrojurnalis.com – Apel serah terima antar regu menjadi hal yang wajib dilakukan oleh seluruh regu pengamanan yang ada di Lapas. selain itu, kegiatan apel serah terima tersebut juga menjadi salah satu upaya untuk peningkatan disiplin setiap petugas yang akan melaksanakan tugas.

 

Hal inilah yang dilakukan oleh Petugas Pintu Utama (P2U) pada Kamis pagi (19/09/24). Dilakukan apel serah terima antara regu yang pulang dan regu yang masuk bertugas.

Petugas Pintu Utama (P2U) memiliki peranan penting yakni sebagai garda depan yang Mendeteksi dini, Mencegah dan mengamankan pintu utama dari arus lalu lintas masuk atau pun keluarnya orang dan barang secara tidak sah dan tidak memenuhi aturan yang berlaku serta memeriksa dan menggeledah setiap barang dan kendaraan yang masuk atau keluar Lapas/Rutan.

 

Untuk ditugaskan menjadi seorang yang ditempatkan di bagian P2U bukan hal yang mudah, P2U selain dituntut memiliki kecakapan dan ketelitian juga diwajibkan memiliki tanggung jawab yang super besar tentang pengamanan khusus di Pintu Utama Rutan/Lapas.

 

Seluruh petugas pintu utama mengikuti jalannya prosesi ini, adapun fungsi dari apel serah terima tugas adalah pelimpahan tanggung jawab anggota P2U dari petugas jaga lama kepada P2U yang akan masuk bertugas. Dimana P2U sebelumnya akan menyampaikan kepada P2U yang baru masuk, tentang kelengkapan barang inventaris, maupun menyampaikan kejadian-kejadian dan perkara yang ditangani oleh P2U sebelumnya.

 

Selain menjadi agenda penting yang berfungsi mencegah gangguan keamanan dan ketertiban, apel serah terima antar P2U ini juga menjadi sarana yang dapat meningkatkan hubungan kedekatan antara sesama P2U.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *