Subsatgas TIK Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 Polres Kuansing Lakukan Pengecekan Rutin Perangkat Radio dan Jaringan

Nasional34 Dilihat

TELUKKUANTAN, Metrojurnalis.com – Dalam rangka mendukung kelancaran komunikasi selama pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, personel Subsatgas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Satgas Ban Ops dari Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 Polres Kuansing secara rutin melakukan pengecekan dan perawatan perangkat komunikasi. Kegiatan ini dilaksanakan di Mapolres Kuansing, Senin (16/9/2024).

 

Dipimpin langsung oleh Kasi TIK Polres Kuansing, pengecekan ini meliputi berbagai perangkat penting yang digunakan dalam operasi, seperti radio komunikasi, sound system, dan server jaringan yang ada di Command Center dan Ruang Panel Server Mapolres Kuansing. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk memastikan seluruh alat komunikasi dalam kondisi prima, guna menunjang kegiatan pengamanan selama tahapan Pilkada berlangsung.

 

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., menyampaikan “Subsatgas TIK bertugas memastikan sarana komunikasi berfungsi dengan baik. Ini penting agar pemantauan situasi dari lapangan ke posko berjalan lancar, pengecekan dan perawatan ini dilakukan secara berkala untuk menjaga kualitas komunikasi yang cepat, aman, dan efisien,” ujar Kapolres.

 

Selain pengecekan server dan perangkat sound system, Subsatgas TIK juga menyiapkan perangkat Handy Talkie (HT) yang digunakan di pos-pos pengamanan. HT menjadi salah satu alat komunikasi utama dalam memastikan koordinasi antarpersonel di lapangan tetap berjalan optimal, terutama saat terjadi situasi yang memerlukan tindakan cepat.

 

Personel Subsatgas TIK mengecek kesiapan teknis alat komunikasi agar dapat digunakan tanpa hambatan selama pelaksanaan apel maupun pengamanan di lapangan. Hal ini juga mencakup pengecekan suara pada sound system yang digunakan dalam apel rutin Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024.

 

Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024, yang difokuskan pada pengamanan tahapan Pilkada serentak, membutuhkan komunikasi yang efektif untuk memastikan seluruh operasi berjalan lancar dan aman. Kesiapan sarana komunikasi menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan Operasi Mantap Praja. Informasi yang cepat dan akurat sangat menentukan efektivitas pengambilan keputusan di lapangan.

 

Pengecekan dan perawatan ini diharapkan mampu meminimalisir gangguan komunikasi yang dapat menghambat kinerja di lapangan. Dalam upaya menjaga kualitas operasional, Subsatgas TIK tidak hanya bertanggung jawab pada pengelolaan perangkat komunikasi, tetapi juga pemeliharaannya agar alat-alat tersebut selalu siap pakai.

 

“Dengan adanya pengecekan dan perawatan rutin ini, Polres Kuansing memastikan bahwa seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal. Persiapan ini diharapkan mampu menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pilkada berlangsung, serta mendukung terciptanya proses pemilu yang damai, kompetitif, dan lancar di Kabupaten Kuansing,” Pungkas Kapolres.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *