Berkolaborasi dengan Semua Unsur, Jurus Kapolsek Ciptakan Pilkada Damai

Nasional211 Dilihat

INHU, Metrojurnalis.com  – Mengandeng semua unsur, berkoordinasi, serta berkolaborasi menjadi keharusan bagi Kepolisian dalam upaya menciptakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 dengan aman, damai, sejuk, dan bermartabat.

 

Hal tersebut juga menjadi perhatian Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Lirik Polres Indragiri Hulu (Inhu) Iptu Endang Kusma Jaya, S.H., M.H., untuk menggandeng Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), Kepala Desa (Kades), dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sekecamatan, serta para tokoh-tokoh yang ada pada Selasa, 17 September 2024.

 

“Hari ini kami dari Polsek Lirik mengumpulkan dan mengajak untuk bekerja sama, berkolaborasi, serta berkoordinasi dengan semua unsur yang ada di kecamatan, untuk bergandengan tangan menciptakan Pilkada yang damai, sejuk, dan bermartabat,” ujar Kapolsek.

 

Kapolsek menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Lirik itu adalah kegiatan preventif Cooling System Operasi Mantap Praja (OMP) Lancang Kuning (LK) tahun 2024, Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, serta Bupati dan Wakil Bupati Inhu.

 

Dalam kesempatan itu, Kapolsek mengajak Forkopimcam, seluruh Kepala Desa, para Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat untuk memberikan dukungan serta peran aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menciptakan kerukunan dan persatuan, serta menolak segala bentuk kekerasan dan ujaran kebencian selama pelaksanaan Pilkada serentak di wilayah hukumnya.

 

“Harus menghargai perbedaan. Jangan karena beda pilihan dan pandangan politik jadi bermusuhan. Jangan beda pilihan membuat pola pikir menjadi sempit dan menghancurkan kerukunan.”

 

Pihak Polsek selalu bersinergi dengan TNI dan seluruh lapisan masyarakat serta siap memberikan pengawalan, pengamanan, dan pelayanan terbaik agar Pilkada, khususnya di Kecamatan Lirik, berjalan aman, damai, dan bermartabat.

 

Ia juga menghimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kecamatan agar selalu menjaga netralitas sehingga situasi pesta demokrasi berjalan sesuai harapan.

 

Dalam kesempatan itu juga, Camat Lirik Harmes Jhoni mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek dan jajarannya yang telah datang dan bersilaturahmi pada kegiatan ini. Kegiatan ini dianggap sangat positif untuk diikuti bersama agar silaturahmi dan koordinasi dapat terjaga dengan baik serta berbagi informasi terkait situasi menjelang Pilkada.

 

Pihaknya juga berkomitmen bahwa himbauan yang telah disampaikan pihak Kepolisian kepada seluruh jajaran kecamatan sampai ke tingkat desa turut berupaya untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada yang aman, damai, sejuk, dan bermartabat.

 

“Tadi kegiatan kami tutup dengan pembuatan video komitmen untuk menjaga suasana kondusif di wilayah Kecamatan Lirik oleh semua peserta yang hadir,” ujar Kapolsek, didampingi oleh Camat, Kades, BPD, dan tokoh-tokoh yang hadir pada saat itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *