Polres Kuansing Pengamanan Tabligh Akbar Ustadz Prof. H. Abdul Somad Batubara di Teluk Kuantan Dalam Rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Nasional46 Dilihat

TELUKKUANTAN, Metrojurnalis.com – Polres Kuantan Singingi (Kuansing) menggelar pengamanan dalam kegiatan Tabligh Akbar yang dipimpin oleh Ustadz Prof. H. Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.D. dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Acara yang diadakan pada Sabtu (14/9/2024), pukul 08.00 WIB, berlangsung di Lapangan Limono, Teluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuansing. Tabligh Akbar ini menjadi momen penting bagi masyarakat Kuansing, tak hanya sebagai bentuk peringatan keagamaan, tetapi juga sebagai ajang silaturahmi dan konsolidasi antara berbagai elemen masyarakat, termasuk tokoh politik dan pejabat daerah yang turut hadir.

 

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, pejabat, dan kader partai politik, di antaranya Anggota DPR RI Abdul Wahid, M.Si., Kapten Inf Ardiyasman, mewakili Danramil 07 Kuantan Hilir dari Dandim 0302 INHU – Kuansing, Muklisin, Tokoh Masyarakat, Ketua Panitia Tabliq Akbar, Musliadi, S.Ag., Ketua Lembaga Adat Kabupaten Kuansing, Aherson, Kader-kader dari berbagai partai politik seperti PDI-P, Nasdem, dan PKB, Ribuan masyarakat, dengan total jumlah peserta diperkirakan mencapai 5.000 orang.

 

Tabligh Akbar dimulai dengan pembacaan sholawat sebagai bentuk penghormatan dan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Setelah itu, sambutan disampaikan oleh Ketua Panitia Tabliq Akbar, Musliadi, S.Ag. Dalam sambutannya, Musliadi menyampaikan terima kasih kepada Ustadz Abdul Somad atas kehadirannya dalam memperingati Maulid Nabi di Kabupaten Kuansing.

 

Ketua Lembaga Adat Kabupaten Kuansing, Aherson, turut memberikan sambutan yang berisi harapan bahwa acara ini dapat membawa manfaat dalam meningkatkan amal ibadah dan ketaqwaan masyarakat kepada Allah SWT serta memperkuat kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW melalui sholawat.

 

Puncak acara ditandai dengan tausyiah yang disampaikan oleh Ustadz Prof. H. Abdul Somad Batubara. Dalam ceramahnya, beliau menekankan lima keutamaan dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Kelima keutamaan tersebut adalah Tauhid, Ustadz Abdul Somad mengajak seluruh jamaah untuk meningkatkan ketakwaan dan penguatan tauhid kepada Allah SWT.

 

Ibadah, ditekankan pentingnya memperbanyak ibadah dan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk cinta dan penghormatan kepada Nabi. Akhlak, Ustadz Abdul Somad mengingatkan untuk selalu memperbaiki akhlak dan mengikhlaskan setiap amal ibadah hanya karena Allah SWT. Silaturrahmi, Pentingnya menjaga dan meningkatkan silaturrahmi di antara umat Islam serta menjaga persatuan dalam masyarakat. Doa, Ustadz Abdul Somad menekankan agar umat Muslim senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak doa dan meminta ampun atas segala dosa. Ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Somad ini mendapat respons positif dari seluruh jamaah yang hadir. Banyak di antara mereka terlihat terharu dan terinspirasi untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K.,M.H., menyampaikan “Untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya acara, Polres Kuansing menurunkan personel gabungan dari Polres Kuansing dan Polsek Kuantan Tengah, jelas Kapolres.

 

Pengamanan dipimpin langsung oleh sejumlah perwira, termasuk Kasat Samapta Polres Kuansing, AKP Refriadi, S.E, Kasat IK Polres Kuansing, AKP Syurfanaidi, SH, Kanit IK Polsek Kuantan Tengah, AKP Feri Wardi, KBO Sat IK Polres Kuansing, IPTU Bambang S, KBO Sat IK Polres Kuansing, IPDA Asrul dan KBO Sat Narkoba Polres Kuansing, IPDA Sudarman.

 

Gabungan personel Ton Standby II dari Polres Kuansing dan Polsek Kuantan Tengah juga dikerahkan untuk mengamankan kegiatan. Pengamanan ini bertujuan untuk menjaga ketertiban selama acara berlangsung, serta memastikan masyarakat yang hadir dapat beribadah dengan aman dan nyaman.

 

Kegiatan Tabligh Akbar yang berlangsung di Lapangan Limono, Teluk Kuantan, selesai pada pukul 10.00 WIB. Selama acara, situasi di lokasi terpantau aman dan terkendali. Jamaah yang hadir mengikuti seluruh rangkaian acara dengan tertib, dan pihak kepolisian bekerja sama dengan panitia untuk memastikan tidak ada gangguan yang berarti.

 

“Polres Kuansing melalui Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 berkomitmen untuk terus mendukung keamanan dan kelancaran setiap kegiatan keagamaan serta memastikan masyarakat dapat melaksanakan ibadah dalam suasana yang kondusif,” Pungkas Kapolres.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *