Polres Kuansing Gelar Pengamanan Hari Pertama Event Nasional Pacu Jalur Tradisional Tahun 2024 di Kuansing

Nasional44 Dilihat

TELUKKUANTAN, Metrojurnalis.com – Polres Kuansing Gelar Pengamanan Event Nasional Pacu Jalur Tradisional Tahun 2024 Hari Pertama di Arena Pacu Jalur Tepian Narosa di Teluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Pada hari Rabu (21/8/2024).

 

Acara ini dimulai tepat pukul 14.00 WIB, dihadiri oleh berbagai pejabat penting dan tokoh masyarakat yang turut menyaksikan salah satu tradisi budaya terbesar di Riau. Beberapa tokoh yang hadir antara lain Bupati Kuansing, Dr. H. Suhardiman Amby Ak., M.M, Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H, Dandim 0302 INHU/Kuansing, Letkol Inf Emick Chandra Nasution, M.P.M, Wakil Ketua I DPRD Kuansing, Drs. H. Darmizar, Wakil Ketua II DPRD Kuansing, Juprizal S.E., M.Si, Kajari Kuansing, Nurhadi Puspandoyo, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Teluk Kuantan, Subiar Teguh Wijaya, S.H, Ketua Pengadilan Agama Kuansing, Genius Berades, S.H, Ketua Umum Festival Pacu Jalur Tradisional Kuansing, Andi Cahyadi, Wakil Ketua Umum/Kadis Pariwisata Kuansing, Drs. Azhar M.M, Sekretaris Umum Festival Pacu Jalur Tradisional Kuansing, Ahmad Herry S.Pi., M.Si, Pj. Sekda Kuansing, dr. Fahdiansyah, S.PoG., Ketua TP PKK Kuansing, Yulia Herma Sudirman, Kepala BPBD Kuansing, H. Yulizar, S. Sos., M.Si, Para asisten, kabag, kaban, kadis Pemkab Kuansing, Anggota DPRD Kuansing, Para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh pemuda Kuansing dan Undangan serta masyarakat Kuansing yang diperkirakan mencapai sekitar 50.000 orang.

 

Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., menyampaikan “Pada hari pertama, tercatat 70 jalur (perahu) yang berpartisipasi dalam 35 hilir (perlombaan). Jalur-jalur tersebut berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Kuansing dan beberapa daerah lain,” ujar Kapolres.

 

Adapun jalur tersebut antara lain Kabupaten Kuansing dengan Kecamatan Cerenti: 10 jalur, Kecamatan Inuman: 17 jalur, Kecamatan Kuantan Hilir: 11 jalur, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang: 13 jalur, Kecamatan Pangean: 21 jalur, Kecamatan LTD: 1 jalur, Kecamatan Benai: 19 jalur, Kecamatan Sentajo Raya: 13 jalur, Kecamatan Kuantan Tengah: 31 jalur, Kecamatan Gunung Toar: 16 jalur, Kecamatan Kuantan Mudik: 23 jalur, Kecamatan Hulu Kuantan: 15 jalur, Kecamatan Pucuk Rantau: 2 jalur, Kecamatan Singingi: 1 jalur, Kecamatan Singingi Hilir: 1 jalur, Kabupaten Indragiri Hulu: 29 jalur, Kabupaten Siak: 1 jalur dan Provinsi Sumatra Barat: 1 jalur.

 

Total jalur yang mengikuti event ini adalah sebanyak 225 jalur. Setelah 70 jalur berlomba pada hari pertama, sisa 154 jalur akan bertanding pada hari kedua, Kamis, 22 Agustus 2024, dengan total 77 hilir yang akan digelar.

 

Untuk memastikan keamanan dan kelancaran acara, pengamanan dipimpin oleh Dir Pamobvit Polda Riau, KOMBES POL Wendri Purbyantoro, S.H., dengan dukungan dari berbagai unsur kepolisian dan keamanan lainnya, termasuk Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H, Wadir Polairut, AKBP Andi Yuli Lapawesean T. Guling, S.H., S.I.K., M.H, Wakapolres Kuansing, Kompol Robet Arizal, S.Sos, Kanit I Sipatwal Airud, AKP Yosi Marlius, S.Sos, Dankigas Satbrimoda Riau, Ipda Eri S. Karo-Karo, Kasatpol PP Kuansing, Rio Kasyter, S.Sos., M.M, Kepala BPBD Kuansing, H. Yulizar, S.Sos., M.Si, Para kabag, kasat, kasi, dan perwira di Polres Kuansing, Personel BKO Samapta Polda Riau, Ditlantas Polda Riau, Sat Lantas Polres Pelalawan, Sat Lantas Res Kampar, Ditpamobvit Polda Riau, Sat Brimobda Riau, Ditpolairud, dan Sat Lantas Res Inhu.

 

Kegiatan yang berlangsung hingga pukul 18.00 WIB tersebut berjalan dengan aman dan terkendali, tanpa adanya insiden yang mengganggu jalannya acara. Hari pertama Event Nasional Pacu Jalur Tradisional Tahun 2024 di Kuansing ini telah memberikan gambaran awal yang positif dan menjanjikan, dengan semangat dan antusiasme yang terus menggelora dari para peserta, panitia, dan masyarakat yang hadir.

 

“Event ini tidak hanya menjadi ajang olahraga dan budaya, tetapi juga menjadi simbol persatuan dan kebanggaan masyarakat Kuansing yang diwariskan secara turun temurun. Dengan pengamanan ketat dan dukungan penuh dari berbagai pihak, diharapkan event ini dapat berlangsung sukses hingga hari terakhir,” Pungkas Kapolres.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *