Polres Kuansing Gelar Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam Rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 Tahun 2024 

Nasional87 Dilihat

TELUKKUANTAN, Metrojurnalis.com – Polres Kuansing gelar Upacara Penurunan Bendera Merah Putih sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79. Pada hari Sabtu (17/8/2024), pukul 17:00 WIB, bertempat di Lapangan Limuno, Kelurahan Pasar Taluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing),

 

Upacara yang berlangsung dengan penuh hikmat ini dipimpin oleh PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Kuansing, dr. H. Fahdiansyah, SpOG, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Adapun Perwira Upacara adalah KOMPOL Emanuel Bambang D. S.H, dengan IPTU Mario Suwito, SH., MH. sebagai Komandan Upacara, dan SERKA Supriyono dari TNI bertugas sebagai Komandan Paskibraka.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0302/Inhu-Kuansing, LETKOL Inf Emick Chandra Nasution, M.PM, serta sejumlah pejabat daerah lainnya, termasuk perwakilan dari berbagai instansi. Kapolres Kuansing diwakili oleh Waka Polres Kuansing, KOMPOL Robet Arizal, S.Sos, sedangkan dari pihak Kejaksaan Negeri Kuansing diwakili oleh Rozi Juliantono, SH. Kepala Kantor Kementerian Agama, Drs. Efrion Efni, M.Ag., juga turut hadir dalam upacara ini.

 

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., menyampaikan “Upacara dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari pejabat daerah seperti para Asisten, Kepala Dinas, Kepala Bagian, dan Kepala Badan Pemerintah Kabupaten Kuansing,” jelas Kapolres.

 

Selain itu, turut hadir para veteran dan pejuang kemerdekaan dari seluruh Kabupaten Kuansing, serta tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat se-Kecamatan Kuantan Tengah. Tidak ketinggalan, hadir pula pengurus Bhayangkari Polres Kuansing dan pengurus Korsit Kabupaten Kuansing.

 

Yang menarik perhatian dalam upacara ini adalah hadirnya dua mantan narapidana teroris, yaitu Rinto Wijaya bin Syafuan dan Nofriman alias Wawan bin Umar, yang turut serta sebagai peserta upacara. Secara keseluruhan, upacara ini dihadiri oleh sekitar 500 orang.

 

Rangkaian upacara diawali dengan persembahan Drum Band dari SMKN 2 Teluk Kuantan, diikuti dengan persembahan lagu-lagu nasional dari siswa dan siswi perwakilan SMA se-Kabupaten Kuansing. Setelah itu, Komandan Upacara mengambil alih pasukan dan memulai prosesi penurunan bendera merah putih sebagai puncak acara.

 

Inspektur Upacara, dr. H. Fahdiansyah, SpOG, menuju mimbar dan memberikan arahan singkat sebelum memimpin penghormatan pasukan. Proses penurunan Sang Merah Putih berjalan lancar dan penuh khidmat, diiringi dengan lagu nasional dan Andika Bhayangkari.

 

Pasukan upacara terdiri dari berbagai elemen, termasuk satu peleton Polri, satu peleton korsik, satu peleton personel TNI, satu peleton dari Kejaksaan, satu regu Komcad, satu peleton Satpol PP, satu peleton Dishub, lima peleton PGRI, serta ASN Pemkab Kuansing. Selain itu, juga hadir satu peleton Pemuda Pancasila, satu peleton dari Kokam dan Banser, mahasiswa dari Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS), serta siswa-siswa dari berbagai sekolah di Taluk Kuantan.

 

“Upacara yang berlangsung selama satu jam ini berakhir pada pukul 18:00 WIB dengan situasi yang aman dan kondusif, menandai akhir dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Kuansing,” Pungkas Kapolres.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *