Polres Kuansing Gelar Rapat Koordinasi Keamanan dan Akomodasi Penginapan Terkait Festival Pacu Jalur Tradisional Kabupaten Kuansing Tahun 2024

Nasional73 Dilihat

KUANTANSINGINGI, Metrojurnalis.com – Polres Kuansing Gelar Rapat Koordinasi Keamanan dan Akomodasi Penginapan terkait Festival Pacu Jalur Tradisional Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Tahun 2024. Pada hari Sabtu (17/8/2024), pukul 11.00 WIB, bertempat di Sekretariat Panitia Festival Pacu Jalur Tradisional di Gedung Narosa, Teluk Kuantan. Rapat ini merupakan upaya penting dalam mempersiapkan keamanan dan akomodasi selama berlangsungnya festival tahunan yang merupakan salah satu ikon budaya di Kabupaten Kuansing.

 

Rapat dihadiri oleh Ketua Umum Festival Pacu Jalur Tradisional Kabupaten Kuansing, Andi Cahyadi, Kabagops Polres Kuansing,Kompol Teguh Wiyono, S.H., M.H., Kasat Intelkam Polres Kuansing, AKP Syurfanaidi, S.H, Kasat Lantas Polres Kuansing, AKP Boy Septiawan, S.Ap., Kasat Samapta Polres Kuansing, AKP Repriadi, S.E., Kasat Narkoba Polres Kuansing, AKP Novris Hasiholan, S.H., M.H., Sekretaris Umum Festival Pacu Jalur Tradisional Kabupaten Kuansing, Ahmad Herry, S.Pi., M.Si., Kabid Tibum Satpol PP Kabupaten Kuansing, Pariansya, Kabid Destinasi Pariwisata Kabupaten Kuansing, Yuhendra, S.Sos dan Kabid Kebudayaan, Dr. Andri Mairiki.

 

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, MH, melalui Kabagops Polres Kuansing, Kompol Teguh Wiyono, S.H., M.H., menyampaikan “Rapat koordinasi ini fokus pada kesiapan keamanan dan akomodasi penginapan bagi personel yang akan bertugas selama pelaksanaan Festival Pacu Jalur,”

 

Polres Kuansing telah berkoordinasi dan mengkonfirmasi penginapan bagi personel pengamanan yang akan melakukan Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari Polda Riau, Airud, dan Brimob. Penginapan tersebut tersebar di beberapa lokasi, termasuk aula Polres Kuansing, asrama Polres, aula Lantas, dan SMA Pintar.

 

Terkait penginapan di SMA Pintar, pihak sekolah meminta surat permintaan dari panitia. Oleh karena itu, Kabagops meminta panitia segera melengkapi administrasi ini untuk menghindari masalah ke depannya.

 

Polres Kuansing juga mengidentifikasi beberapa kekurangan sarana dan prasarana di lokasi penginapan yang perlu segera dilengkapi oleh panitia. Kekurangan tersebut meliputi karpet, kasur, dan kipas angin di beberapa lokasi penginapan seperti aula Polres, asrama Polres, aula Lantas, dan SMA Pintar.

 

Polres Kuansing juga meminta agar pendistribusian makanan dan snack kepada personel pengamanan dilakukan tepat waktu oleh Panitia Seksi Konsumsi. Untuk sarapan dan makan malam, diharapkan distribusi dilakukan langsung ke lokasi penginapan pada pukul 07.00 WIB dan 19.00 WIB, sedangkan untuk makan siang didistribusikan langsung ke lokasi pengamanan.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Panitia Festival Pacu Jalur Tradisional Kabupaten Kuansing, Andi Cahyadi, menyampaikan apresiasi kepada Polres Kuansing atas upaya yang telah dilakukan dalam mempersiapkan akomodasi penginapan bagi personel pengamanan.

 

Beberapa poin penting yang disampaikan oleh panitia antara lain Panitia akan segera melengkapi surat yang dibutuhkan untuk penginapan di SMA Pintar dan melakukan pengecekan langsung ke lokasi tersebut.

 

Panitia akan segera memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang kurang di tempat penginapan, seperti karpet, kasur, dan kipas angin. Selain itu, panitia juga membuka komunikasi dengan semua pihak untuk melaporkan segala kekurangan yang ada di tempat penginapan agar dapat segera ditangani. Panitia akan menekankan kepada Seksi Konsumsi untuk mendistribusikan makanan sesuai dengan jadwal yang telah disampaikan oleh Polres Kuansing.

 

Rapat koordinasi ini selesai pada pukul 12.10 WIB dengan suasana yang kondusif dan aman. Seluruh pihak yang terlibat menunjukkan komitmen untuk bekerja sama demi suksesnya pelaksanaan Festival Pacu Jalur Tradisional Kabupaten Kuansing Tahun 2024.

 

“Festival ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang pelestarian budaya, tetapi juga sebagai momen untuk memperkuat sinergi antara pemerintah daerah, pihak keamanan, dan masyarakat. Dengan adanya rapat ini, diharapkan persiapan keamanan dan akomodasi penginapan dapat berjalan lancar sehingga seluruh rangkaian acara Festival Pacu Jalur dapat terlaksana dengan sukses dan aman,” Pungkas Kompol Teguh.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *