Polsek Kuantan Tengah Gelar Pengamanan Pembukaan Pawai Budaya Karnaval Sambut HUT RI ke-79

Nasional35 Dilihat

TELUKKUANTAN, Metrojurnalis.com – Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, pada hari Senin, (12/8/2024), Polsek Kuantan Tengah Gelar Pengamanan Pembukaan Pawai Budaya Karnaval di Lapangan Limuno Teluk Kuantan, Kelurahan Pasar Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi. Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB dan dihadiri oleh sejumlah pejabat serta tokoh masyarakat setempat.

 

Acara ini dihadiri oleh Penjabat Sekda Kuansing, dr. Fahdiansyah, Sp.OG, mewakili Bupati Kuantan Singingi, Bunda Paud/Ketua TP. PKK Kabupaten Kuansing, Hj. Yuliah Herma, S.Pd Suhardiman, Kepala Kesbangpol Kabupaten Kuansing, Muhjelan Arwan, SH. MH, Camat Kuantan Tengah, Risman Ali, SE. M.Si., Kapolsek Kuantan Tengah, Kompol Subagja, SH, Danramil Kuantan Tengah, Kapten Inf. Jefry Sihombing, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Kuantan Tengah, H. Jefri Eriadi, S.Ag, Pengurus TP. PKK Kabupaten Kuansing, Korwil Kecamatan Kuantan Tengah, Asril, M.Si, Para Kepala Sekolah TK, SD, dan SLB Kecamatan Kuantan Tengah.

 

Pawai budaya karnaval ini menempuh rute yang dimulai dari Pendopo Lapangan Limuno menuju Simpang PLN, melewati depan kantor KPU, Masjid Raya, Simpang Ahun, dan berakhir di Taman Jalur di Simpang Taswin.

 

Acara dibuka oleh protokol, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan doa. Ketua panitia kemudian memberikan laporan, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah atas subsidi yang diberikan, serta kepada para guru dan tenaga lainnya yang telah mendukung kegiatan ini secara sukarela. Ditegaskan juga bahwa tahun ini, karnaval tingkat SMA ditiadakan dan akan digantikan dengan pentas seni yang bertepatan dengan kegiatan pacu jalur.

 

Sambutan Bunda Paud/TP. PKK Kab. Kuansing Yulia Herma Suhardiman menyampaikan rasa syukur atas pelaksanaan kegiatan ini dan berterima kasih kepada orang tua yang telah mempersiapkan anak-anak dengan berbagai pakaian adat, serta meminta perhatian saat menyanyikan lagu Indonesia Raya agar berdiri dan fokus. Ia juga mengingatkan untuk selalu menjaga keselamatan selama perjalanan.

 

Sambutan Bupati Kuantan Singingi Disampaikan oleh Penjabat Sekda Kab. Kuansing, apresiasi diberikan kepada pihak Kecamatan Kuantan Tengah dan seluruh panitia atas pelaksanaan pawai budaya karnaval ini. Disampaikan juga bahwa tahun ini ada beberapa kegiatan baru, termasuk pimpinan OPD yang akan mengenakan pakaian adat Nusantara. Inovasi ini diharapkan bermanfaat bagi semua pihak, dan semua peserta diingatkan untuk berhati-hati selama perjalanan.

 

Setelah sambutan, bendera Merah Putih diserahkan kepada peserta karnaval oleh Penjabat Sekda, diikuti oleh pejabat lainnya, dan peserta dilepas secara resmi oleh Penjabat Sekda dan Bunda Paud/TP. PKK Kabupaten Kuansing, didampingi oleh Forkopimcam Kuantan Tengah.

 

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, MH, melalui Kapolsek Kuantan Tengah, Kompol Subagja, SH, mengatakan “Kegiatan karnaval berlangsung dalam suasana yang aman dan kondusif. Pengamanan acara dipimpin oleh Kapolsek Kuantan Tengah, didampingi oleh Kanit Intel Akp Feri Wardi dan 34 orang personil dari Polres dan Polsek Kuantan Tengah,” jelas Kapolsek.

 

“Pawai budaya karnaval ini bukan hanya merupakan perayaan kemerdekaan, tetapi juga sebagai ajang mempererat hubungan sosial dan semangat kebersamaan di tengah masyarakat Kuantan Tengah. Dengan adanya acara ini, diharapkan dapat terus memupuk rasa cinta tanah air dan bangga akan budaya Indonesia di kalangan masyarakat,” Pungkas Kapolsek.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *