Kapolres Kuansing Pimpin Jumat Curhat dan Silaturahmi dengan Ketua Forum Kades Kenegrian Kari

Nasional51 Dilihat

KUANTANSINGINGI, Metrojurnalis.com – Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., Pimpin Jumat Curhat dan Silaturahmi dengan Ketua Forum Kades Kenegrian Kari bertempat di Pondok Mo-Kaghi Desa Pulau Gobang, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuansing, Pada hari Jumat (9/8/2024), pukul 08.30 WIB, Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Bandar Alai Kari sekaligus Ketua Forum Kades Kenegrian Kari, Pj. Kepala Desa Pintu Gobang, Pj. Kepala Desa Pulau Gobang, serta tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan masyarakat Desa Pulau Gobang.

 

Kegiatan ini diikuti oleh Wakapolres Kuansing, Kompol Robet Arizal, S.Sos, Kabag SDM Polres Kuansing, Kompol Y. Emanuel Bambang Dewanto, S.H., Kasat Binmas Polres Kuansing, AKP H. Yuhelmi, Ps. Kasi Humas, Iptu Aman Sembiring, SH, KBO Sat Binmas Polres Kuansing, Ipda Iswadi, 6 personel Polres Kuansing, Kepala Desa Bandar Alai Kari, Drs. Endra Yani, Pj. Kepala Desa Pintu Gobang, Bpk. Wawan, Pj. Kepala Desa Pulau Gobang, Bpk. Andi, Tokoh Masyarakat Desa Pulau Gobang, Tokoh Pemuda Desa Pulau Gobang dan 9 orang masyarakat Desa Pulau Gobang.

 

Dalam kesempatan ini, Drs. Endra Yani selaku Kepala Desa Bandar Alai Kari dan Ketua Forum Kades Kenegrian Kari menyampaikan apresiasinya kepada Kapolres Kuansing yang telah berkenan hadir untuk mendengarkan aspirasi masyarakat. Drs. Endra Yani mengungkapkan bahwa kegiatan Jumat Curhat ini sangat bermanfaat untuk menampung keluhan masyarakat secara langsung.

 

Beberapa poin yang disampaikan oleh Drs. Endra Yani antara lain Apresiasi terhadap kinerja Polres Kuansing dalam penegakan hukum dan pemeliharaan ketertiban masyarakat, Pertanyaan mengenai cara menjaga netralitas desa dalam menghadapi Pilkada, Keluhan tentang banyaknya APK (Alat Peraga Kampanye) yang tidak sesuai aturan sehingga meresahkan masyarakat.

 

Cara mengatasi permasalahan kategori tindak pidana ringan (Tipiring) seperti pencurian buah kelapa sawit dan perkelahian antar warga, Cara mengurangi penyakit masyarakat akibat keberadaan tempat pijat, Posisi dan peran Pj. Kepala Desa dalam melaksanakan kegiatan di desa.

 

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., memberikan tanggapan dan solusi atas berbagai pertanyaan dan keluhan yang disampaikan oleh masyarakat. Beliau mengucapkan “Terima kasih kepada seluruh pihak yang hadir dalam acara ini dan menekankan pentingnya silaturahmi serta komunikasi antara Polri dan masyarakat untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif,” ujar Kapolres.

 

Beberapa poin penting dari tanggapan Kapolres Kuansing adalah mengapresiasi kehadiran bhabinkamtibmas di desa-desa yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, menganjurkan kepala desa untuk berkoordinasi dengan Bawaslu dan PKD guna menjaga netralitas selama Pilkada.

 

Menyarankan agar kepala desa melaporkan APK yang tidak sesuai aturan kepada Bawaslu untuk ditindaklanjuti, menyampaikan agar masyarakat melaporkan kasus pencurian Tipiring ke Polsek terdekat atau Polres Kuansing untuk diproses lebih lanjut, mengusulkan pembuatan sanksi adat yang kuat untuk mengurangi kasus Tipiring, mengingatkan kepala desa untuk mengaktifkan kembali siskamling (sistem keamanan lingkungan) dan menyelesaikan permasalahan desa dengan memanfaatkan tiga pilar desa (kepala desa, bhabinkamtibmas, dan babinsa).

 

“Kegiatan Jumat Curhat selesai pada pukul 09.45 WIB dalam situasi yang aman dan terkendali. Acara ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara Polri dan masyarakat serta menjadi wadah untuk menyerap aspirasi dan keluhan masyarakat secara langsung. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan Polri dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kabupaten Kuansing,” Pungkas Kapolres.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *