Polres Kuansing Gelar Ujian Beladiri Polri untuk Seleksi Calon Walpri Dalam Rangka Ops Mantap Praja Lancang Kuning 2024

Nasional41 Dilihat

TELUKKUANTAN, Metrojurnalis.com – Polres Kuansing gelar Ujian Beladiri Polri sebagai bagian dari seleksi calon pengawal pribadi (Walpri) dalam rangka Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis (8/8/2024) dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, bertempat di halaman Mapolres Kuansing.

 

Pelaksanaan ujian beladiri dipimpin oleh Kabag SDM Polres Kuansing, Kompol Y. Emanuel Bambang Dewanto, S.H., dan didampingi oleh tim Bagian Sumber Daya Manusia (SDM), yaitu Paurwatpers Bag SDM Aiptu Kurniawan Siregar, Paurbinkar Bag SDM Aipda Mustika Hendri, dan Paurmin Bag SDM Aipda Yonpison. Pengujian beladiri dipandu oleh dua penguji berpengalaman, Brigpol Kapilah Rahman dan Bripda Heru Saputra, bersama dengan seluruh personel Bag SDM. Ujian beladiri ini diikuti oleh 28 personel Polres Kuansing yang bersaing untuk menjadi calon Walpri pada Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024.

 

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., melalui Kabag SDM Kompol Y. Emanuel Bambang Dewanto, S.H., menyampaikan “Kegiatan diawali dengan pengarahan dari Kabag SDM, Kompol Y. Emanuel Bambang Dewanto, yang menekankan pentingnya disiplin dan keterampilan beladiri dalam tugas kepolisian, khususnya sebagai pengawal pribadi. Peserta melakukan pemanasan fisik, termasuk lari dan gerakan di tempat, untuk mempersiapkan fisik sebelum mengikuti ujian,”

 

Peserta diuji kemampuan dalam melakukan pukulan, tangkisan, dan bantingan sebagai teknik dasar beladiri. Kemampuan tendangan dan cara menghindari serangan tendangan diuji untuk mengukur ketangkasan peserta. Simulasi menghindari serangan dengan senjata tajam, seperti pisau, untuk menguji refleks dan keterampilan bertahan peserta. Peserta dilatih teknik dasar dalam membawa dan mengamankan tahanan, yang merupakan bagian penting dari tugas sebagai pengawal pribadi.

 

Ujian beladiri ini berjalan lancar dengan situasi yang aman dan tertib. Kompol Y. Emanuel Bambang Dewanto menyatakan kepuasan terhadap pelaksanaan kegiatan dan menekankan bahwa ujian ini tidak hanya menguji keterampilan fisik, tetapi juga kesiapan mental dan disiplin para peserta.

 

Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 adalah bagian dari persiapan Polres Kuansing dalam menyambut agenda politik penting di wilayah Riau. Pengawal pribadi yang terlatih diharapkan dapat mendukung pengamanan para pejabat dan tamu penting selama operasi berlangsung.

 

“Dengan selesainya ujian beladiri ini, Polres Kuansing menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan profesionalisme dan kesiapan personel dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian, serta menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Kuantan Singingi,” Pungkas Kabag SDM.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *