Kapolres Kuansing Hadiri Apel Kesiapsiagaan Terhadap Bencana Kabupaten Kuansing Tahun 2024

Nasional51 Dilihat

KUANTANSINGINGI, Metrojurnalis.com – Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., menghadiri Apel Kesiapsiagaan terhadap Bencana di Kabupaten Kuantan Singingi (Kab. Kuansing) di Lapangan Panahan Sport Center. Pada Rabu (7/8/2024), pukul 08.00 WIB, Apel ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dan koordinasi berbagai pihak dalam menghadapi potensi bencana alam di wilayah tersebut.

 

Kegiatan ini dipimpin oleh dr. Fardiansyah S.POG, selaku Plh. Sekda Kab. Kuansing. Apel ini dihadiri oleh Kapten Inf Legimin, Pabung Kodim 0302 Inhu-Kuansing, Adi Chandra Lukita, S.E., M.M., Kapusdalops PB/Kabid Kedaruratan Logistik Kab. Kuansing, H. Yulizar, S.Sos., M.Si., Kepala BPBD Kab. Kuansing, Kadishub Kab. Kuansing, Hendri, Kabag Ops Polres Kuansing, KOMPOL Teguh Wiyono, S.H., M.H, Para Kapolsek Jajaran Polres Kuansing, Perwakilan dari anggota BPBD Kabupaten Kuansing, Personil Polri, Personil Satpol PP Kab. Kuansing dan Personil relawan bencana Kab. Kuansing.

 

Dalam amanatnya, Inspektur Apel dr. Fardiansyah S.POG, selaku Plh. Sekda Kab. Kuansing menyampaikan ” Terima kasih kepada semua pihak yang hadir dan berpartisipasi dalam apel kesiapsiagaan ini, menegaskan tujuan apel untuk meningkatkan kesiapan dalam menanggulangi bencana di Kabupaten Kuansing dan Penekanan pada pentingnya meminimalisir potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kab. Kuansing,”

 

Harapan agar Kabupaten Kuansing selalu dijauhkan dari bencana alam, terutama karhutla. Penekanan pada edukasi kepada masyarakat agar tidak menebang pohon, karena dapat memicu terjadinya bencana. Ditekankan pula pentingnya kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan dalam menghadapi bencana di Kabupaten Kuansing.

 

Setelah penyampaian amanat, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan penyerahan sertifikat pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana kepada para peserta. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan bencana yang melibatkan berbagai instansi dan relawan.

 

Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., dalam kesempatan tersebut menyampaikan “Bahwa Polres Kuansing telah siap mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla. Pihaknya akan meningkatkan patroli dan koordinasi dengan instansi terkait untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan, dengan adanya apel kesiapsiagaan ini, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya Karhutla dan menjaga kelestarian lingkungan,” jelas Kapolres.

 

“Kegiatan apel berakhir pukul 09.00 WIB dengan situasi yang aman dan terkendali. Apel kesiapsiagaan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kesiapan semua pihak dalam menghadapi potensi bencana, serta memperkuat koordinasi antarinstansi dan masyarakat dalam menanggulangi bencana alam di Kabupaten Kuansing,” Pungkas Kapolres.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *