Polres Dumai melangsungkan kegiatan Rapat Internal Kesiapan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning Tahun 2024

Nasional115 Dilihat

DUMAI, Metrojurnalis.com – Bertempat di Ruangan Command Center Lantai II, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Polres Dumai melangsungkan kegiatan Rapat Internal Kesiapan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning Tahun 2024, (6/8).

 

Rapat ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk para Kabag, Kasat, Kasi, Kanit, dan Kapolsek jajaran Polres Dumai, serta para perwira dan Kanit Intel, Kanit Binmas jajaran Polsek Polres Dumai.

 

Rapat ini dibuka langsung oleh Wakapolres Dumai, Kompol Henryanto P. Hutasoit, S.H, S.I.K, M.M.Dalam sambutannya, Wakapolres menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal dalam konsolidasi menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Dumai.

 

“Kegiatan rapat internal ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang unggul sesuai dengan karakteristik di wilayah masing-masing. Saat ini, kita juga akan fokus pada penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” ujarnya.

 

Paparan pertama disampaikan oleh Kabag Ops Polres Dumai, Kompol Mahendra Yudhi Lubis, S.H, M.H. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan berbagai aspek terkait Pilkada 2024, termasuk tahapan dan jadwal Pilkada, jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS), dan time line Pilkada 2024.

 

Selain itu, Kabag Ops juga membahas persiapan personil dalam pengamanan Pilkada, jumlah personil yang akan dilibatkan, dan perencanaan kekuatan personil untuk tahapan Pilkada 2024.

 

Kompol Mahendra Yudhi Lubis juga memaparkan berbagai hal termasuk menguraikan target operasi, struktur Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024, dan penjabaran tugas serta fungsi di masing-masing Satgas. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya peraturan tentang netralitas Polri dalam Pilkada 2024.

 

Selanjutnya, Kabag Ren Polres Dumai, Kompol Ronald Simamora, S.H, menekankan bahwa orientasi kegiatan ini adalah keberhasilan dan pentingnya menghindari kegiatan fiktif serta duplikasi.

 

Paparan berikutnya disampaikan oleh Kasat Intelkam Polres Dumai, AKP S. Sijabat, S.H. ia membahas profiling bakal calon Walikota Dumai, rekapitulasi jumlah perolehan suara pemilihan legislatif (Pileg) Kota Dumai 2024, serta pemetaan partai politik (Parpol) pemenang Pileg 2024. Selain itu, AKP S. Sijabat juga menjelaskan potensi koalisi Parpol dalam Pilkada Tahun 2024 dan potensi kerawanan Pilkada.

 

Rapat ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua aspek operasi telah dipersiapkan dengan baik, sehingga pelaksanaan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning dapat berjalan dengan lancar dan efektif.

 

“Setiap paparan dan diskusi dalam rapat ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai langkah-langkah yang harus diambil dan persiapan yang harus dilakukan oleh seluruh jajaran Polres Dumai,” jelas Kompol  Henryanto P. Hutasoit.

 

Dengan adanya rapat ini, Polres Dumai berkomitmen untuk meningkatkan koordinasi dan kesiapan dalam menghadapi Pilkada 2024 serta menanggulangi potensi kerawanan yang mungkin terjadi.

 

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik di Kota Dumai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *