Kapolres Kuansing Pimpin Apel Akbar Polisi RW Polres Kuantan Singingi 

Nasional539 Dilihat

KUANTANSINGINGI, Metrojurnalis.com – Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H, pimpin Apel Akbar Polisi RW Polres Kuantan Singingi yang digelar di Lapangan Apel Polres Kuansing. Pada hari Senin (5/8/2024) pukul 08.00 WIB, Acara ini dihadiri oleh Wakapolres Kuansing KOMPOL Robet Arizal S.Sos, para Kabag, Kasat, Kasi, dan personel Polisi RW jajaran Polres Kuansing.

 

Rangkaian Upacara Apel Akbar dimulai dengan Komandan Apel memasuki lapangan dan mengambil alih pasukan, menandai dimulainya upacara, Pimpinan Apel memasuki lapangan, dengan pasukan disiapkan untuk penghormatan. Dilakukan penghormatan kepada pimpinan apel dan Komandan pasukan menyampaikan laporan kepada pimpinan apel.

 

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H, dalam amanatnya menyampaikan “Terima kasih kepada seluruh personel Polres Kuansing yang telah berjuang keras memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Beliau menyoroti keberhasilan Polres Kuansing dalam menekan tingkat kriminalitas di wilayah Kabupaten Kuansing, berkat kinerja yang luar biasa dari seluruh jajaran,” jelas Kapolres.

 

Baharkam Polri telah menginisiasi program “Polisi RW”, yang bertujuan untuk menciptakan harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat) dan memperkuat hubungan antara Polri dengan masyarakat di tingkat RW. Kapolres menekankan bahwa konsep Polisi RW memungkinkan interaksi untuk memecahkan masalah secara bersama, mengembangkan sikap positif, dan membuka peluang kerjasama dalam mendukung pemeliharaan kamtibmas.

 

Tugas-Tugas Polisi RW yaitu Memulai interaksi yang konsisten dengan masyarakat untuk membangun citra Polri, Mendengarkan, menerima, dan berempati terhadap keluhan, keresahan, keinginan, harapan, serta permasalahan di tingkat RW, melaksanakan scanning terhadap kerawanan di wilayah masing-masing, menghadirkan diri, memperkenalkan diri, bertukar nomor handphone, dan bergabung dalam grup WhatsApp RW setempat, Setiap hari, polisi RW diwajibkan menggunakan bet lengan dan rompi khusus saat berkunjung ke warga, Polisi RW bertugas setiap hari turun ke RW dan wajib melaporkan hasil kegiatan kepada pimpinan.

 

Pelaporan tugas polisi RW dapat diakses melalui tautan https://forms.glezs6yysmrmmtzbams7, serta posko Polisi RW di Dit Binmas Polda Riau dan aplikasi “Ada Polisi”. Sejak 1 Januari 2024, pelaporan melalui aplikasi “Ada Polisi” telah berjalan guna mendukung program Polisi RW. Evaluasi terhadap kegiatan Polisi RW juga dilakukan untuk personil Polsek.

 

Kapolres Kuansing mengajak seluruh personel untuk menciptakan harkamtibmas yang aman dan kondusif menjelang Pemilukada 2024. Kegiatan ini selesai pada pukul 08:30 WIB, dengan situasi yang tertib dan aman selama pelaksanaan. “Apel Akbar ini menandai komitmen Polres Kuansing dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, sekaligus mendukung implementasi program Polisi RW di Kabupaten Kuantan Singingi,” Pungkas Kapolres mengakhiri keterangannya.

 

Sumber: Humas Polres Kuansing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *