MAKSIMALKAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI WBP FOKUS UTAMA PETUGAS KESEHATAN KLINIK PRATAMA LAPAS KELAS II A PEKANBARU

Nasional59 Dilihat

Pekanbaru, Metrojurnalis.com  – Tim Klinik Pratama Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pekanbaru memberikan terus fokus memberikan pelayanan dan penyuluhan kesehatan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Pekanbaru, yang juga merupakan kewajiban bagi setiap Petugas Pemasyarakatan untuk memberikan pembinaan dan pelayanan kepada WBP, Selasa (23/07).

 

Pemeriksaan kesehatan terhadap WBP ini terdiri dari pasien penyakit diabetes, pasien dengan keluhan lambung, pasien dengan kelainan organ mata kanan, pasien sesak nafas, dan lain-lain.

 

Setelah itu dilanjutkan dengan penyuluhan dan edukasi langkah-langkah preventif serta penyampaian informasi kesehatan kepada seluruh WBP yang dilakukan pemeriksaan. Petugas medis Klinik Pratama Lapas Pekanbaru tidak bosan-bosannya menghimbau warga binaan agar selalu disiplin dalam menerapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan diri dan kamar hunian, berolahraga secara teratur dan makan obat secara rutin agar cepat sembuh.

 

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan rutin dan insidentil oleh dokter dan petugas medis Lapas Kelas IIA Pekanbaru, tujuannya adalah agar para WBP yang tengah menjalani masa hukuman tetap mendapatkan hak nya yaitu pelayanan kesehatan.

 

“Kontrol kesehatan kami berikan kepada seluruh warga binaan demi memastikan kesehatan mereka terjaga, apabila WBP yang sakit tidak bisa mendatangi kami di klinik Lapas, maka kami yang akan langsung turun ke kamar hunian untuk melakukan pengecekan kesehatan tersebut,” ucap dr. Yulia salah satu dokter pada Klinik Pratama Lapas Pekanbaru.

 

Lapas Pekanbaru terus berupaya memenuhi hak WBP khususnya di bidang kesehatan melalui penyediaan Klinik dan beberapa tenaga medis yang terdiri dari tiga orang dokter dan dua orang perawat. Bukan hanya itu, Lapas pekanbaru juga memiliki 37 orang warga binaan yang telah ditunjuk sebagai kader kesehatan yang sebelumnya telah diberi pelatihan-pelatihan kesehatan, sehingga bisa menjadi perpanjangan tangan tenaga medis untuk memaksimalkan layanan dan kebutuhan kesehatan seluruh WBP di Lapas Kelas IIA Pekanbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *