UPACARA DAN ZIARAH DALAM RANGKA HARI BHAKTI ADHYAKSA KE – 64 DAN PERAYAAN HUT IKATAN ADHYAKSA DHARMAKARINI KE – 24 KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA.

Nasional34 Dilihat

Maluku, Metrojurnalis.com  – Pada hari ini Minggu 21 Juli 2024, sekitar pukul 09.00 Wit, Kejaksaan Tinggi Maluku, Kejaksaan Negeri Ambon, Kejaksaan Negeri Buru, Kejaksaan Negeri Seram Bagian Barat dan Kejaksaan Negeri Maluku Tengah serta Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Maluku dan Daerah, telah melaksanakan Upacara Ziarah di Taman Makam Pahlawan Kapahaha Jl. Pandan Kasturi – Tantui Kecamatan Sirimau Kota Ambon, dibawah Pimpinan Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Agoes Soenanto Prasetyo, S.H.,M.H selaku Pimpinan Ziarah dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke – 64 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke – 24.

 

Turut hadir Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Dr. Jefferdian, S.H.,M.H, Ketua IAD Wilayah Maluku Ny. Debie Agoes, Wakil Ketua IAD Wilayah Maluku Ny. Vinna Jefferdian, Asisten Pembinaan Cumondo Trisno, S.H, Asisten Intelijen Rajendra D, Wiritanaya, S.H, Asisten Tindak Pidana Umum Yunardi, S.H.,M.H, Asisten Tindak Pidana Khusus Triyono Rahyudi, S.H.,M.H, Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Sigit Prabowo, S.H.,M.H, Asisten Pidana Militer Kolonel Chk. Satar Hutabarat, S.H.,M.H, Asisten Pengawasan Rio Rizal, S.H.,M.H, Kabag TU Adrianus Notanubun, S.H, Kajari Ambon Adhryansah, S.H.,M.H beserta Ketua IAD Daerah Ambon, Kajari Buru Muhammad Hasan Pakaya, S.H beserta Ketua IAD Daerah Buru, Kajari Seram Bagian Barat Bambang Tutuko, S,H.,M.H beserta Ketua IAD Daerah Seram Bagian Barat, Kajari Maluku Tengah Nur Akhirman, S.H.,M.Hum beserta Ketua IAD Daerah Maluku Tengah, Para Koordinator Kejaksaan Tinggi Maluku, Kacabjari Saparua, Para Pegawai Jaksa dan Tata Usaha Kejati Maluku, Kejari Ambon, Kejari Buru, Kejari Seram Bagian Barat, Kejari Maluku Tengah, Cabjari Saparua dan Pengurus IAD Wilayah dan Daerah se-Maluku.

 

Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku selaku Pimpinan Ziarah, memimpin seluruh peserta upacara melaksanakan penghormatan khusus kepada Arwah para Pahlawan, mengheningkan cipta dan Peletakan Karangan Bunga serta penaburan bunga di Makam para Pahlawan yang diikuti oleh seluruh peserta ziarah.

 

Setelah melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan Upacara dan Ziarah, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku beserta rombongan lanjut melaksanakan Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke – 24 yang bertempat di Ball Room Banda Neira Hotel Swiss-Bell, Jln. Benteng Kapahaha Kelurahan Uritetu Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

 

Sambutan Ketua IAD Pusat yang dibacakan oleh Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Maluku Ny. Debie Agoes, menyampaikan tepat hari ini Ikatan Adhyaksa Dharmakarini telah berusia 24 tahun, yang mana sudah begitu banyak tantangan dan rintangan yang telah dilewati dan membuat IAD semakin Tangguh, langkah demi langkah yang dilakukan organisasi ini menjadi bagian penting bagi kemajuan Bangsa dan Negara, yang merupakan langkah maju menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045, dengan tetap membutuhkan kerjasama dan tekad yang kuat dari segala lini agar Indonesia dapat menjadi Negara tangguh, mandiri dan inklusif di Tahun 2045.

 

Ny. Debie Agoes dalam inti sambutannya, tetap optimis dengan menargetkan Pembangunan 20 tahun kedepan dapat mendorong Indonesia bertransformasi menuju peradaban masyarakat yang modern dan sejahtera. Kejaksaan, sebagai salah satu Institusi penegak hukum yang mempunyai asas dominus litis, harus mampu bermetamorfosis mewujudkan penegakan hukum modern, dengan menjadi institusi yang kuat, handal, adaptif dan transparan. Oleh karenanya, IAD sebagai organisasi isteri pegawai dan pegawai perempuan Kejaksaan mempunyai peran yang sangat penting dalam mendukung tercapainya peran dan fungsi Institusi tersebut. Untuk itu, pada peringatan Hari Ulang Tahun ke – 24 IAD Tahun 2024 ini diangkat tema *“Penguatan Peran IAD Mendukung Upaya Akselerasi Kejaksaan untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas”* yang menjadi titik awal lecutan semangat bagi seluruh anggota IAD agar dapat meningkatkan kualitas diri, memperkuat organisasi dan meningkatkan peran organisasi, baik di Lingkungan Kejaksaan maupun di masyarakat.

 

Diakhir sambutannya, Ketua IAD Wilayah Maluku menyampaikan pesan – pesan kepada seluruh jajarannya, yakni :

1. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai fondasi yang kokoh dalam menjalani peran sebagai seorang ibu dan atau sebagai perempuan pendamping suami maupun sebagai seorang Wanita karier.

2. Tingkatkan kualitas dan potensi diri untuk pencapaian kinerja yang optimal, berkaryalah dengan inovasi cerdas memanfaatkan teknologi yang ada dan menjunjung tinggi profesionalisme organisasi sehingga dapat membawa manfaat untuk seluruh masyarakat sesuai dengan tujuan Organisasi Ikatan Adhyaksa Dharmakarini;

3. Tingkatkan kualitas waktu bersama keluarga, ciptakan lingkungan keluarga yang harmonis. Lingkungan keluarga yang bahagia dapat membentuk pribadi anak menjadi lebih siap menghadapi tantangan di era globalisasi. Selain itu, para suami dapat lebih fokus bekerja dalam upaya akselerasi mewujudkan penegakan hukum modern menuju Indonesia emas;

4. Anggota IAD memiliki peran penting untuk menjunjung tinggi kehormatan institusi Kejaksaan, organisasi dan keluarga, dengan senantiasa mengingatkan suami agar menghindari perbuatan tercela dan selalu menjaga citra positif dan marwah Kejaksaan;

5. Tingkatkan kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap organisasi dan institusi Kejaksaan, dengan menjaga sikap dan perilaku dalam berinteraksi dengan masyarakat;

6. Jadilah bagian dari pembangunan ekonomi dengan melakukan pendampingan dan pemberdayaan terhadap UMKM serta mengutamakan pemakaian produk dalam negeri;

7. Tingkatkan kepedulian terhadap pengelolaan sekolah-sekolah Adhyaksa dan saling bekerja sama dan mendukung terbentuknya Yayasan Pendidikan di bawah naungan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini sebagai salah satu upaya kita untuk menyiapkan generasi emas;

8. Berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat melalui kegiatan bakti sosial, kegiatan keagamaan di lingkungan setempat, peduli terhadap pengelolaan lingkungan dan turut melestarikan kebudayaan daerah. Sehingga kita dapat mengambil peran untuk memberikan solusi di tengah-tengah permasalahan yang ada di masyarakat.

 

Kajati Maluku sebagai Pengawas IAD Wilayah Maluku, dalam sambutannya mengharapkan agar para Isteri Pegawai lingkup Kejaksaan Tinggi Maluku dapat berkontribusi menjaga marwah Institusi Kejaksaan serta menghormati apapun dan berapapun pendapatan yang dimiliki oleh suaminya dengan tidak membanding – bandingkan antara satu dengan yang lainnya, selian itu Kajati juga sangat mengapresiasi dukungan para Isteri yang tergabung dalam Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Maluku maupun Daerah, sehingga pelaksanaan HBA dan HUT IAD tahun 2024 ini dapat terlaksana dengan baik dan penuh Kekeluargaan.

 

Diakhir kegiatan, dilaksanakan pemotongan tumpeng dan penyerahan Dana Santunan Pendidikan Kepada Siswa – Siswi Berprestasi tingkat SD, SMP dan SMA dari Wilayah Hukumnya masing – masing serta penyerahan Hadiah kepada Pemenang Lomba yang diselenggarakan oleh Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Maluku.

 

Demikian.

 

Ambon, 21 Juli 2024.

Kasi Penkum dan Humas Kejati Maluku,

 

 

ARDY, SH.,M.H

 

Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi

Call center Penkum Kejati Maluku 08114789902

Atau Kasi Penkum Kejati Maluku 081343100171

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *