DIPIMPIN INSPEKTUR JENDERAL KEMENKUMHAM RI, LAPAS PEKANBARU IKUTI APEL SIAGA PENGAMANAN NATAL 2023 DAN TAHUN BARU 2024

Nasional42 Dilihat

Pekanbaru, Metrojurnalis.com – Meningkatkan kewaspadaan dan menjaga keamanan ketertiban dalam menyambut Perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru mengikuti apel siaga yang digelar Kantor Wilayah Kemenkumham Riau di Lapas Terbuka Kelas III Rumbai, Sabtu (09/12/23). Kegiatan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti petunjuk dan arahan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan melalui Surat Edaran Nomor PAS-2077.PK.08.05 tanggal 29 November 2023 tentang Peningkatan Kewaspadaan Menghadapi Perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024.

 

Lebih istimewa, apel dipimpin langsung oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Razilu. Dalam sambutannya, Razilu menyebut bahwa Apel Siaga Pengamanan ini merupakan hal rutin yang dilaksanakan guna kesiapan petugas dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas/Rutan/LPKA, terkhusus di Provinsi Riau.

 

Adapun turut hadir dalam apel ini Kepala Kanwil Kemenkumham Riau Budi Argap Situngkir, Kepala Divisi Administrasi Johan Manurung, Kepala Divisi Pemasyarakatan Mulyadi, Kepala Divisi Keimigrasian Mas Arie Yuliansa Dwi Putra, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Edison Manik serta Kepala Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau beserta jajaran turut mengikuti Apel Siaga ini.

 

“Tingkatkan pelayanan dan tambahkan kewaspadaan pada momentum Natal dan Tahun Baru 2024 nanti. Selalu bangun hubungan baik dan kerjasama dengan seluruh stakeholder demi meningkatkan pelayanan, keamanan serta mitigasi risiko. Terus laksanakan upaya-upaya pencegahan, karena kita harus selalu ingat Prevention better than cure (mencegah lebih baik dari mengobati). Saya yakin seluruh Insan Pemasyarakatan memiliki kapabilitas untuk melaksanakan pengawasan dan pencegahan yang komprehensif dan sistemik sehingga dapat menanggulangi risiko-risiko yang mungkin terjadi, terutama pada saat Natal dan Tahun Baru 2024 nanti,” ucap Razilu.

 

Pada apel siaga ini ditampilkan baris berbaris kreasi oleh Petugas Pemasyarakatan Lapas Perempuan Kelas II Pekanbaru, Atraksi bela diri dari Lapas Kelas IIA Pekanbaru dan LPKA Pekanbaru, yang ditutup dengan pemusnahan barang bukti hasil razia Satops Patnal Kanwil Kemenkumham Riau dari berbagai Lapas dan Rutan.

 

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau menyampaikan bahwa Apel siaga pengamanan ini dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan dan komitmen melayani dari jajaran Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau demi terpeliharanya keamanan dan ketertiban serta melakukan antisipasi potensi atas gangguan keamanan dan ketertiban selama perayaan Nataru berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *