Jumat Curhat Kapolres Dumai, Sampaikan Pengaduan Anda di Sini!

Nasional48 Dilihat

Metrojurnalis.com  – Program Jumat Curhat di detikPagi terus berlanjut dan disambut baik masyarakat. Di pekan ini, giliran Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton yang akan bercerita soal kinerjanya dan jajaran.

Episode ke-15 Jumat Curhat akan tayang secara live di detikPagi, Jumat (1/12/2023) pukul 10.00 WIB. Kapolres Dumai AKBP Dhovan akan menjadi bintang tamu di acara ini.

AKBP Dhovan akan bercerita soal kinerjanya bersama jajaran di Polres Dumai. Perwira menengah Polri ini juga siap menjawab keluhan atau masukan warga terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Anda warga Dumai bisa membuat pengaduan atau pun memberi masukan bagi Polres Dumai lewat formulir online di sini! (https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdMYMl9cPZSOtKKxvOCaW5QQlmswaBoupjGrYDHLUp8HGOsQQ/viewform)

AKBP Dhovan Oktavianton, S.H., S.I.K., M.Si., merupakan alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 2002 Batalyon Wicaksana Laghawa. Dia resmi menjabat Kapolres Dumai, tepatnya pada 22 Juli 2023 lalu.

Sebelum menjabat Kapolres Dumai, AKBP Dhovan pernah menjabat Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Riau (2021), Dia juga pernah bertugas di wilayah hukum Polda Kalteng, di antaranya Wakapolres Kotawaringin Timur (2018), Wakapolres Kotawaringin Barat (2016), Wakapolres Seruyan (2015).

AKBP Dhovan juga pernah bertugas di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) di antaranya menjabat Kasat Reskrim Polres Belu (2005), Kapolsek Malaka Tengah (2005), dan Kapolsek Kalkulukmesak (2004).

Meski baru sekitar lima bulan menjabat Kapolres Dumai, AKBP Dhovan dan jajarannya aktif bekerja memastikan situasi kamtibmas di wilayah hukumnya tetap kondusif. Dia dikenal tegas dan banyak melakukan pengungkapan kasus mulai dari kasus narkoba, kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO), dan lainnya. Di November 2023 ini, Polres Dumai meraih juara 3 lomba Kampung Bebas Narkoba tingkat Mabes Polri. Polres Dumai juga mendapat penghargaan juara 1 Kampung Bebas Narkoba Tingkat Polda Riau.

AKBP Dhovan juga banyak melakukan program bakti sosial untuk masyarakat di antaranya lewat pembuatan sumur bor dan pompa air, serta bantuan penyulingan air bersih. Ada juga program Berseri (Berbagi Bersama Membangun Negeri), yakni membedah rumah warga yang kurang layak menjadi layak ditempati.

Selain itu, Polres Dumai juga membuat program Zakat Profesi. AKBP Dhovan mengatakan, program untuk personel beragama Islam ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang mengalami kesulitan hidup. Program ini digelar untuk meningkatkan perlindungan masyarakat dan mendukung pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jumat Curhat merupakan program unggulan Polri di era kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Program ini bertujuan agar kepala satuan wilayah Polri menjemput bola keluhan masyarakat terkait keamanan dan ketertiban.

Lewat program Jumat Curhat, Kapolsek, Kapolres, bahkan Kapolda terjun langsung melihat dan mendengar keluhan serta persoalan yang dialami masyarakat untuk kemudian dicarikan solusi. Program ini diharapkan kian mendekatkan masyarakat dengan Polri.

Sejak dihadirkan Polri, program Jumat Curhat direspons positif masyarakat. Namun rupanya program ini belum dikenal luas. Terlihat dari hasil survei lembaga survei persepsi publik Indikator Politik Indonesia, bahwa 75% responden setuju dengan kehadiran program Jumat Curhat, namun, hanya 12,7 % dari total responden yang mengetahui program ini (rilis survei nasional Indikator 26 Maret 2023).

Jumat Curhat Polri kini hadir di detikPagi, program siaran live streaming buletin pagi dari 20detik yang dibawakan dengan mood santai dan kekinian oleh host Ario Astungkoro dan Indi Arisa. Jumat Curhat mulai pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Jumat Curhat akan hadir di detikPagi pada hari Jumat setiap pekannya secara live dengan menghadirkan kepala satuan wilayah Polri. Ini merupakan program kerja sama detikcom dengan Posko Presisi Polri.

Sekali lagi, warga Kota Dumai yang ingin curhat ke Kapolres bisa mengisi formulir online di sini! (https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdMYMl9cPZSOtKKxvOCaW5QQlmswaBoupjGrYDHLUp8HGOsQQ/viewform)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *