PENUTUPAN REHABILITASI MEDIS DAN PERESMIAN DAPUR HYGIENIS LAPAS PEKANBARU

Nasional116 Dilihat

Pekanbaru, Metrojurnalis.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru menggelar Acara Penutupan Program Rehabilitasi Medis bagi warga binaan sekaligus dirangkaikan dengan acara peresmian Dapur Hygienis, Rabu (20/09/2023).

 

Bertempat di Aula Sahardjo Lapas Pekanbaru, kegiatan tersebut dihadiri secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Riau, yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan Kanwil Kemenkumham Riau, Subakdo Wulandoro, Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru, Sapto Winarno, beserta Kepala UPT se-kota Pekanbaru, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr. Zaini Rizaldy Saragih, dan para Konselor Adiksi dari Ikatan Konselor Adiksi Indonesia (IKAI).

 

Rehabiliasi merupakan salah satu upaya pemulihan dan pengembalian kondisi bagi penyalahguna maupun korban penyalahguna narkotika agar dapat kembali melaksanakan fungsionalitas sosialnya yaitu dapat melaksanakan kegiatan dalam masyarakat secara normal dan wajar. Rehabilitasi bagi narapidana di Lapas adalah tempat yang memberikan pelatihan keterampilan dan pengetahuan untuk menghindarkan diri dari narkotika.

 

Acara Penutupan Program Rehabilitasi Medis ini diawali dengan laporan Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru. Sapto menyampaikan bahwa dalam program rehabilitasi ini telah berhasil melaksanakan kegiatan terapi bagi 40 orang warga binaan peserta Rehabilitasi Medis seperti, Screening dan Assesmen, Test Urine, Morning Meeting dan Wrap Up, Edukasi tentang NAPZ, Family Support Group, Konseling individu, Sport Activity, Dinamika Group, Bimbingan Rohani, Medical Check Up, dan Reactional Hour selama pelaksanaan kegiatan kurang lebih 6 bulan.

 

Sedangkan predikat dapur hygienis sendiri adalah persyaratan yang harus dipenuhi suatu dapur tempat penyiapan makanan agar tercapai tujuan untuk menghasilkan makanan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Sampai hari ini, Lapas Kelas IIA Pekanbaru telah melewati beberapa tahap untuk mendapatkan predikat ini, tindakan ini adalah manifestasi konkret dari komitmen untuk meningkatkan standar dan mutu layanan di Lapas Pekanbaru. Langkah ini menggarisbawahi pentingnya menjaga kebersihan dan keamanan dalam menyediakan makanan bagi warga binaan.

 

Selanjutnya, Kabid Keamanan Kanwil Kemenkumham Riau, Subakdo Wulandoro, dalam sambutannya dengan resmi menutup Rehabilitasi Medis sekaligus meresmikan Dapur Hygienis pada Lapas Kelas IIA Pekanbaru.

 

Mengatasi ketergantungan terhadap narkoba tidaklah mudah. Karena itu saudara-saudara yang saat ini  tengah menjalani masa hukuman di dalam Lapas dan berhasil mengikuti rehabilitasi harus di apresiasi. Saudara semua memiliki kemauan untuk sembuh dan menjalani hidup yang lebih baik dengan pertemanan sehat dan tentunya kita berharap bisa diterima dengan baik kembali dilingkungan masyarakat. Kemudian saya juga mengapresiasi untuk peresmian dapur hyigenis Lapas Pekanbaru ini, perhatian khusus diberikan pada sertifikat petugas dapur serta sertifikat tahanan pendamping dapur. Sertifikat-sertifikat ini, termasuk sertifikat Laik Hygiene, Halal, penjamah makanan serta sertifikat tata boga. Kualitas dan kebersihan makanan yang disediakan di Lapas sangatlah penting, dan sertifikat-sertifikat ini menjadi bukti komitmen terhadap standar tertinggi dalam hal tersebut,” ungkap Subakdo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *