TIM MEDIS LAPAS PEKANBARU IKUTI KEGIATAN SOSIALISASI DAN KOMITMEN PENYELENGGARAAN LAYANAN KESEHATAN PEMASYARAKATAN

Nasional112 Dilihat

PEKANBARU, Metrojurnalis.Com– Tim medis Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Komitmen Penyelenggaraan Layanan Kesehatan Pemasyarakatan Kepada Seluruh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham bersama Direktur Kesehatan dan Perawatan Rehabilitasi (DIrkeswat) dan beberapa koordinator perawatan kesehatan lain secara virtual melalui aplikasi zoom pada Selasa (21/02/2023).

 

Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah dalam rangka terwujudnya kesamaan dan kesatuan langkah dalam memberikan pelayanan dan perawatan, terpenuhinya hak-hak Narapidana, Tahanan, dan Anak didik Pemasyarakatan untuk mendapatkan pelayanan dan perawatan kesehatan sesuai standar yang telah ditetapkan.

 

Kita ketahui bersama bahwa salah satu tugas pokok Lembaga Pemasyarakatan/Rumah Tahanan Negara dalam penyelenggaraan kegiatan di bidang kesehatan dan perawatan adalah memberikan pelayanan kesehatan dan perawatan terhadap Narapidana, Anak Didik Pemasyarakatan dan Tahanan.

 

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Kasi Binadik) Ismadi, menjelaskan “Layanan kesehatan ini merupakan hak WBP sesuai dengan bunyi UU no 22 tahun 2022 Pasal 60 tentang Pemasyarakatan yang salah satunya mengatur hak pelayanan kesehatan dan konsumsi di Lembaga Pemasyarakatan. Hal tersebut memberikan kepastian hukum terhadap kewajiban memberikan pelayanan seoptimal mungkin agar tujuan Pemasyarakatan tercapai,” ucapnya.

 

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat membantu petugas di Unit Pelaksana Teknis Lapas dan Rutan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi Narapidana, Tahanan, dan Anak Didik Pemasyarakatan tanpa mengabaikan hak-hak dasar mereka sebagai manusia yang sesuai dengan standar pelayanan dan perawatan kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *