SOSIALISASI PENYUSUNAN DAN PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN ANAUDITED TAHUN 2022

Nasional152 Dilihat

Pekanbaru, Metrojurnalis.Com – Laporan keuangan adalah laporan yang berisi pencatatan uang dan transaksi yang terjadi suatu instansi, baik transaksi pembelian maupun penjualan dan transaksi lainnya yang memiliki nilai ekonomi dan moneter. Laporan keuangan sangatlah penting untuk mempertanggungjawabkan anggaran yang telah diberikan pemerintah.

 

Rabu pagi, operator pelaporan dan operator persediaan serta Barang Milik Negara (BMN) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru mengikuti kegiatan sosialisasi penyusunan dan penyampaian laporan keuangan anaudited tahun 2022.Bertempat di Hotel Jatra Pekanbaru, kegiatan sosialisasi ini mengambil tema laporan keuangan berkualitas, wujudkan akuntabilitas dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan berkellanjutan, Rabu (15/02/2023).

 

Dalam sosialisasi ini membahas mengenai bagaimana penyusunan dan penyampaian Laporan keuangan pada setiap satuan kerja (satker) yang ada di wilayah Riau. Selain itu sosialisasi ini juga menjelaskan tentang bagaimana penggunaan Aplikasi SAKTI yang merupakan aplikasi baru dibuat oleh Kementerian Keuangan  yang sudah mulai digunakan sejak awal tahun 2022.

 

“Ada beberapa tips dan trik yang perlu diterapkan oleh operator diantaranya pertama, pahami alur transaksi dan penjurnalan pada SAKTI, kedua, proses transaksi secara lengkap, tepat waktu dan tepat menu, ketiga, tingkatkan fungsi verifikasi, keempat, manfaatkan fitur MONSAKTI, kelima, segera tindaklanjuti todolist, dan tingkatkan edukasi dan terakhir tingkatkan koordinasi, sinergi dan kolaborasi,” ucap Yudha selaku Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *