MENDEKATI AKHIR TAHUN, LAPAS PEKANBARU TINGKATKAN KEWASPADAAN DAN DETEKSI DINI

Nasional104 Dilihat

PEKANBARU, Metrojurnalis.Com – Deteksi dini ganguan keamanan dan ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) merupakan hal yang harus terus dilakukan, demi terwujudnya suasana Lapas yang aman dan kondusif serta bersih dari segala jenis barang-barang larangan. Salah satu langkah yang ditempuh untuk deteksi dini tersebut adalah dengan melakukan kontrol keliling (troling) tembok belakang lapas yang merangkap area perkebunan, Kamis (29/12/2022).

Belajar dari berbagai peristiwa yang terjadi di lapas-lapas lain, maka jajaran Keamanan melakukan pengecekan dan trolling sarana yang terdapat di blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan mulai dari sel, branggang, perkebunan dan tempat-tempat lain yang dianggap berpotensi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas.

Berbeda dari sebelumnya, kali ini troling dilakukan juga bersama jajaran Seksi Kegiatan Kerja (Giatja) yang dikomandoi langsung oleh Kepala Seksi Giatja, Jefriyandi Gultom. Selain merupakan kegiatan rutin, kegiatan ini juga dilakukan secara insidentil. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekanbaru, Sapto Winarno, tidak henti hentinya menghimbau setiap petugas untuk senantiasa waspada terhadap segala kemungkinan yang dapat timbul berkaitan dengan gangguan kemanan dan ketertiban di dalam Lapas.

“Langkah-langkah deteksi dini sangatlah diperlukan sebagai salah satu komitmen bersama Dijetpas terhadap setiap petugas yang dituangkan dalam Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu deteksi dini gangguan kamtib, berantas narkoba, dan sinergi dengan Aparat Penegak Hukum, namun yang perlu juga dipahami tentang deteksi dini yang bukan sekedar di jajaran pengamanan saja akan tetapi semua lini harus ambil andil dalam pelaksanaannya, ” ujar Kalapas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *