SALAH SATU UPAYA DETEKSI DINI, LAPAS PEKANBARU GELAR PEMERIKSAAN KESEHATAN (SKRINING) TERHADAP NARAPIDANA BARU

Nasional108 Dilihat

PEKANBARU, Metrojurnalis.Com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru menerima 15 orang narapidana baru dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Siak. Sebagai salah satu upaya deteksi dini sekaligus pemenuhan hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk mendapatkan layanan kesehatan yang layak, Lapas Pekanbaru menggelar pemeriksaan kesehatan (skrining), Senin (05/12/2022).

Skrining kesehatan pada narapidana baru dilakukan oleh Tim Medis Lapas Kelas IIA Pekanbaru, meliputi skrining TB, Hepatitis C-HIV, serta skrining Covid-19. Pemeriksaan kesehatan rutin juga dilakukan seperti cek gula darah, kolestrol, dan tekanan darah. Serangkaian tes ini bermanfaat untuk mencegah penularan penyakit antar WBP yang berada di dalam Lapas, juga mengantisipasi gangguan kesehatan para warga binaan baru tersebut nantinya.

Dokter di Lapas Pekanbaru, dr. Ros mengungkapkan, “Prosedur tersebut diberlakukan bagi narapidana baru yang dipindahkan ke Lapas Pekanbaru guna mendeteksi adanya tanda-tanda dari penyakit TB, Hepatitis C-HIV dan Covid-19,” jelas nya.

Ros mengungkapkan selain dilakukan skrining kesehatan, narapidana baru diberikan pengarahan dan sosialisasi yang dilakukan oleh tim tenaga kesehatan Lapas Pekanbaru. Salah satunya, apabila ada WBP yang sakit maka penghuni lain bisa segera melaporkan ke petugas jaga atau komandan jaga untuk menghubungi petugas kesehatan Lapas Pekanbaru. Setiap WBP termasuk narapidana baru wajib menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker dan membiasakan mencuci tangan saat keluar ataupun masuk kamar hunian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *